15 Investor Lokal Akan Groundbreaking di IKN pada Januari-Februari 2024

2 January 2024 - 14:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id -Jakarta. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan sebanyak 15 investor dalam negeri akan melakukan peletakkan batu pertama (groundbreaking) pada awal 2024.

"Di 2024, kami akan mengawali dengan grounbreaking lagi kemungkinan dilaksanakan antara Januari-Februari. Sudah terdapat 15 investor menyiapkan diri," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono, Selasa (2/12/24).

Deputi Agung menjelaskan, groundbreaking pada awal 2024 tersebut merupakan upaya dan komitmen mewujudkan IKN sebagai kota hijau dan cerdas. "Ini menunjukkan bahwa kami terus bergerak cepat di 2024 dengan groundbreaking mewujudkan IKN sebagai kota hijau dan cerdas," jelasnya.

Baca Juga: Kapolda Jatim Imbau Masyarakat Tunda Kepulangan saat Puncak Arus Balik

Lebih lanjut, Deputi Agung mengatakan, Belasan investor itu berasal dari dalam negeri, meliputi lembaga negara, konsorsium, yayasan, dan investor swasta.

Groundbreaking terdiri dari dua jenis yakni proyek ramah lingkungan (green project) dan groundbreaking dilakukan investor swasta serta lembaga negara. Untuk green project akan dilakukan groundbreaking proyek botanical garden.

Deputi Agung menjelaskan, UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara menyatakan bahwa pembangunan IKN menjadi mesin penggerak perekonomian bagi Kalimantan. Selain itu, menjadi pemicu penguatan rantai nilai domestik di seluruh Kawasan Timur Indonesia.

"Pembangunan IKN menempatkan Indonesia dalam posisi lebih strategis dalam jalur perdagangan dunia. Termasuk aliran investasi dan inovasi teknologi," ujar Deputi Agung.

ndt/hn/nm

Share this post

Sign in to leave a comment