Wow, Siapa Sangka Berikut Lima Manfaat Konsumsi Buah Belimbing Bagi Kesehatan

28 October 2024 - 06:45 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Bauh yang satu ini walaupun memiliki rasa khas asam namun juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Selain rasanya yang lezat, buah belimbing juga kaya akan antioksidan. Kandungan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah risiko berbagai penyakit, serta memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas.

Berikut beragam manfaat kesehatan ketika mengonsumsi buah belimbing:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah
Tingginya kandungan serat tidak larut air (insoluble fiber) pada buah belimbing dinilai dapat menghambat penyerapan glukosa, sehingga mampu menurunkan dan mencegah lonjakan kadar gula darah.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Manfaat belimbing selanjutnya yang tak kalah penting adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Buah belimbing kaya akan vitamin C yang berperan dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh.
.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Berkat kandungan seratnya yang cukup tinggi, buah belimbing juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tidak hanya berguna untuk membantu melancarkan pencernaan, belimbing juga dapat meredakan gejala sembelit, kembung, dan diare.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Tingginya kandungan natrium dan kalium dalam belimbing dapat bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh. Hal ini tentu berguna untuk menjaga tekanan darah tetap stabil dan memastikan detak jantung tetap teratur.


5. Mengurangi Risiko Kanker
Sebuah penelitian menunjukkan manfaat buah belimbing dalam mencegah risiko terkena penyakit kanker. Buah ini mengandung antioksidan beta karoten yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama kanker lambung dan usus besar.

Meski terdapat beragam manfaat belimbing, penting untuk diperhatikan bahwa beberapa khasiat tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment