Waspadai, Ini Sederet Ikan yang Berbahaya Untuk Penderita Darah Tinggi

12 July 2024 - 07:24 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Meski dianggap sebagai sumber protein yang baik, namun penderita hipertensi harus pintar pilih-pilih ikan yang dikonsumsi. Ada beberapa ikan yang tidak boleh dimakan penderita darah tinggi.

Hipertensi merupakan kondisi saat tekanan darah melebihi ambang batas. Seseorang dikatakan hipertensi jika memiliki tekanan darah mencapai lebih dari 140/90 mmHg.

Kondisi tersebut tak bisa dianggap sepele karena menjadi salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (9/7/24), berikut sederet ikan yang sangat berbahaya untuk dikonsumsi penderita darah tinggi, antara lain:

1. Ikan tuna

Ikan tuna jenis tertentu, yakni sirip biru, kurang direkomendasikan buat penderita darah tinggi. Ikan jenis ini mengandung merkuri dalam jumlah tinggi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Hypertension menemukan, merkuri dapat memicu kenaikan tekanan darah.

"Peningkatan kecil tekanan darah akibat metil merkuri tidak akan pernah melebihi manfaat asam lemak omega-3," ujar penulis utama studi, Eric Dewally, mengutip Daily Express.

2. Ikan orange roughy

Sama seperti tuna sirip biru, ikan orange roughy juga tak boleh dimakan penderita darah tinggi. Penyebabnya adalah kandungan merkuri yang ditemukan di dalam ikan.

Ikan orange roughy sendiri dikenal sebagai ikan yang berumur panjang. Dengan begitu, tubuhnya membawa banyak kontaminan sepanjang masa. Tak heran jika kemudian banyak merkuri masuk ke dalam tubuhnya.

3. Ikan salmon (hasil ternak)

Salmon sebenernya menyehatkan karena kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalamnya. Namun, hal ini berlaku bagi salmon air tawar, tapi tidak bagi salmon hasil ternak.

Sebagian besar salmon dibudidayakan di kandang padat. Dikutip dari Eating Well, kandang yang padat rawan perkembangbiakan parasit dan penyakit.

4. Ikan sole

Ikan sole tak disarankan untuk penderita darah tinggi karena kandungan natriumnya yang tinggi. Tak hanya itu, ikan ini juga memiliki risiko kontaminan tinggi dan rendah nutrisi untuk jantung seperti asam lemak omega-3, potasium, dan magnesium.

5. Ikan hiu

Meski terkesan mewah, namun hidangan hiu sebenarnya bukan sajian yang sehat, utamanya untuk penderita darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan merkuri yang tinggi pada hiu.

Tak hanya penderita darah tinggi, hiu juga tidak dianjurkan untuk beberapa kelompok orang seperti ibu hamil dan anak-anak.

Demikian beberapa ikan yang tidak boleh dimakan penderita hipertensi. Semoga bermanfaat.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment