Wajib Dicoba, Ini Sederet Buah yang Ampuh Turunkan Darah Tinggi

24 October 2023 - 21:00 WIB
Foto: Pixabay

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Darah tinggi menjadi salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami sebagian besar orang. Bahkan tak hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia.

Meskipun gejalanya tak terlalu menonjol, ada beberapa kondisi umum yang dirasakan penderita darah tinggi. Mulai dari sakit kepala, pusing, gelisah, mual, dan muntah, pandangan menjadi kabur hingga kelelahan.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (23/10/23), berikut beberapa buah-buahan penurun tekanan darah tinggi, antara lain:

1. Jeruk

Melansir dari Healthline, jeruk bisa membantu menurunkan tekanan darah. Buah ini kaya akan vitamin, mineral dan senyawa tumbuhan yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

2. Pisang

Mengandung tinggi kalium, pisang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Mengutip situs Puskesmas Kabupaten Kubu Raya, kandungan kaliumnya mampu membantu menstabilkan tekanan darah, terutama dalam proses sekresi natrium dan air dalam darah. Natrium sendiri merupakan salah satu yang memicu peningkatan volume tekanan darah.

3. Buah Berry

Melansir dari emedicinehealth, berbagai jenis buah berry bisa membantu menurunkan darah tinggi. Buah beri mengandung senyawa flavonoid yang secara efektif mampu membantu menurunkan tekanan darah. Beberapa jenis buah berry tersebut di antaranya adalah strawberry, blueberry, raspberry, cloudberry, blackberry dan aronia berry.

4. Anggur

Anggur mengandung polifenol yang berperan sebagai antioksidan dan pengontrol tekanan darah. Selain itu, anggur juga mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin, anggur bisa membantu mencegah sindrom metabolik dan hipertensi.

Baca Juga:  Catat, Ini 5 Khasiat Meminum Teh Lemon Jahe bagi Kesehatan Tubuh

5. Kiwi

Buah kiwi tinggi akan vitamin C dan mengandung nutrisi lainnya yang terlibat dalam pengaturan tekanan darah, termasuk serat, potasium dan magnesium. Kiwi juga mengandung senyawa polifenol dan antioksidan nabati. Hal ini yang membuat peneliti yakin bahwa buah kiwi bisa membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

6. Semangka

Semangka mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Buah ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, dan kalium.

7. Buah Bit

Menurut Medical News Today, minum jus bit bisa menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek dan panjang. Menurut penelitian, nitrat dari jus bit menurunkan tekanan darah sistolik pada penderita hipertensi arteri, namun tetap tidak mempengaruhi tekanan darah diastolik.

8. Alpukat

Alpukat mengandung serat dan lemak yang baik. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk membantu mengendalikan tekanan darah yang mencegah tekanan darah yang tinggi.

9. Delima

Delima mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan aterosklerosis. Menurut studi, konsumsi jus delima setiap hari bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita diabetes. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut.

10. Apel

Apel juga menjadi buah yang bisa dikonsumsi untuk mengelola tekanan darah tinggi. Sehingga, kamu bisa jadikan apel sebagai bagian dari diet sehatmu.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment