Turunkan Angka Kematian Ibu, Menkes RI Canangkan Gerakan Bumil Sehat

23 December 2022 - 11:58 WIB
Foto : kabar24.bisnis.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mencanangkan Gerakan Bumil (ibu hamil) Sehat di Puskesmas Sikumana, Kupang, NTT, Kamis (22/12/22).

Dalam rangka percepatan penurunan angka kematian ibu (AKI) dan prevalensi Balita stunting, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu hamil. Artinya para ibu hamil telah berkomitmen untuk melakukan cek kehamilan sebanyak 6 kali dan 2 kali di antaranya diperiksa oleh dokter, konsumsi gizi seimbang sesuai porsinya, meminum tablet penambah darah, mengikuti kelas ibu hamil, melahirkan di fasilitas pelayanan kesehatan.

Baca Juga : Polda Papua Adakan Dialog Interaktif Polisi Menyapa Bertema “Sosialisasi Ops Lilin Cartenz 2022”

Diperkirakan, hingga saat ini AKI dan stunting belum mencapai target yang ditentukan yaitu 305 per 100.000 kelahiran hidup (KH) dari target 183 per 100.000 KH di tahun 2024. Demikian juga dengan perkiraan prevalensi Balita stunting yang saat ini 24.4%, masih jauh dari target 14% di tahun 2024.

“Bapak Presiden kasih pesan ke saya dari 305 turun menjadi 183. Jadi pentingnya program Bumil ini karena kita harus menurunkan kematian ibu dari 305 ke 183 dulu,” ujar Menkes pada pencanangan Gerakan Bumil Sehat di Puskesmas Sikumana, Kamis (22/12).

Gerakan Bumil Sehat yang bertepatan dengan peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2022 ini diimplementasikan dalam mewujudkan ibu hamil yang sehat dan berpengetahuan. Ibu hami mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan sebagai salah satu upaya pencegahan kematian ibu dan stunting sejak sebelum bayi dilahirkan.

Pencanangan Gerakan Bumil Sehat ini dilaksanakan serentak di 34 Provinsi dan disiarkan secara langsung dari Puskesmas Sikumana. Puskesmas Sikumana yang merupakan salah satu Puskesmas PONED di Kota Kupang provinsi Nusa Tenggara Timur.


(ym/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment