Tidak Hanya Manis, Inilah Lima Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh

15 September 2024 - 07:15 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Kupang. Cokelat merupakan penghasilan dari pengelolaan makanan atau minuman dari biji kakao dengan rasa manis yang di hasilkan, dan dibalik rasanya yang manis, sejumlah peneliti percaya bahwa potensi antioksidan yang terkandung di dalam cokelat memiliki berbagai manfaat kesehatan.

National Center for Biotechnology Information (NCBI) mengutip penemuan terkini senyawa fenolik yang aktif secara biologis dalam kakao.

berikut sederet manfaat mengonsumsi cokelat secara bijak bagi kesehatan dilansir dari Star Insider, Sabtu (14/9/24):

1. Meringankan Efek Alzheimer
Penelitian yang dipublikasikan NCBI menunjukkan bahwa ekstrak kakao, yang disebut levado, dapat mengurangi atau mencegah kerusakan jalur saraf yang ditemukan pada pasien dengan penyakit Alzheimer.

2. Bantu Turunkan Kolesterol Jahat
Jika dimakan secara teratur sebagai bagian dari diet rendah lemak, cokelat batangan yang mengandung sterol tumbuhan dan flavanol kakao dapat mendukung kesehatan kardiovaskular, menurut temuan yang dipublikasikan oleh NCBI.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Sebuah studi BMJ menyimpulkan bahwa tingkat konsumsi cokelat yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko gangguan kardiometabolik.

4. Mengurangi Risiko Stroke
Studi lain yang diterbitkan AAN, menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi cokelat secara teratur lebih kecil kemungkinannya mengalami stroke dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif
Cokelat panas membantu melancarkan aliran darah ke bagian otak. Temuan yang dipublikasikan oleh Neurology menunjukkan bahwa minum dua cangkir cokelat panas sehari dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi kehilangan memori pada orang tua.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment