Terlalu Disepelekan, Ternyata Cangkang Telur Dapat Diolah Menjadi Beragam Manfaat

19 January 2024 - 06:45 WIB
Pixabay

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Telur dikenal sebagai superfood yang kaya akan manfaat, termasuk cangkangnya. Cangkang telur ini ternyata bisa dimanfaatkan kembali untuk beberapa hal, seperti pupuk hingga racikan kopi.

Ternyata seluruh bagian telur bisa memberikan manfaat yang luar biasa. Tak hanya bagian putih dan kuningnya yang enak dimakan, tapi cangkangnya juga dapat dimanfaatkan.

Dilansir dari Says, Kamis (18/1/24), berikut sederet manfaat cangkang telur dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

1. Pupuk Tanaman

Cangkang telur ini bisa dijadikan sebagai pupuk, karena kandungannya yang dapat menutrisi pertumbuhan tanaman. Kandungan yang dimaksud adalah kalsium.

Untuk menggunakannya sebagai pupuk, sebaiknya cangkang dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian, ditaburkan ke seluruh permukaan tanah.

Baca Juga: Sayang untuk Dilewatkan, Ini Sederet Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan

2. Pengusir Hama

Hama kerap mengganggu beberapa tanaman. Biasanya hama itu berupa siput, serangga, dan lainnya. Untuk menghilangkan hama tersebut, bisa menggunakan cangkang telur.

Taburkan cangkang telur ke sekitar pangkal tanaman untuk mengusir hama pengganggu. Tepian tajam dari kulit telur yang dihancurkan bertindak sebagai pestisida alami.

3. Wadah Benih Tanaman

Kamu juga bisa memanfaatkan cangkang telur ini sebagai wadah benih tanaman. Cangkang telur yang telah dibersihkan ini, bisa diisi dengan tanah untuk menanam benih. Setelah bibit tersebut siap dipindahkan, cangkang juga dapat langsung ditanam ke dalamnya untuk memberikan nutrisi tambahan.

4. Meningkatkan Cita Rasa Kopi

Selain bagian telurnya saja yang bisa dikonsumsi, tapi juga cangkangnya. Cangkang telur yang dapat dihaluskan ini bisa diracik bersama kopi.

Sebelum mencampurkannya, pastikan untuk membersihkan cangkang terlebih dahulu. Cangkang telur ini dapat mengurangi rasa pahit pada kopi.

Cangkang telur utamanya terbuat dari kalsium karbonat yang merupakan zat basa. Hal ini membantu untuk menyeimbangkan rasa asam pada kopi, sehingga rasanya lebih halus dan lembut.

5. Pembersih Alat Dapur

Cangkang telur ini juga baik untuk membersihkan alat dapur. Karena bersifat agak abrasif dan tidak mengandung bahan kimia beracun.

Caranya dengan membersihkan cangkang telur, lalu mengeringkannya. Setelah itu, giling cangkang telur menjadi bubuk dan campurkan bersama soda kue, lalu tambahkan air hingga menjadi pasta dan bisa digunakan.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment