Teh Unik Khas Jepang, Ini 5 Khasiat Genmaicha untuk Kesehatan

16 January 2024 - 06:45 WIB
Tanesia

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Genmaicha merupakan teh hijau Jepang yang dicampur dengan beras merah panggang yang terkenal karena rasanya yang enak. Genmaicha dapat dibuat dari berbagai macam teh hijau.

Karena genmaicha rendah kafein, minuman ini menjadi teh yang sempurna untuk diminum sepanjang hari. Ditambah dengan banyak manfaat teh genmaicha untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan di setiap cangkirnya.

Dilansir dari Senbird Tea, Minggu (14/1/24), berikut sederet khasiat mengonsumsi genmaicha bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengatur Gula Darah

Manfaat teh genmaicha yang pertama untuk mengatur kadar gula darah. Ketika kita mengalami lonjakan atau penurunan gula darah, kita merasa mudah tersinggung dan mungkin menginginkan makanan yang tidak sehat atau merasa kelelahan.

Namun, seperti hojicha, genmaicha bekerja untuk menyeimbangkan kadar gula darah, sehingga menjadikannya teh yang aman untuk penderita diabetes. Jika Anda ingin makanan atau camilan yang tidak sehat, minumlah secangkir genmaicha untuk membantu mengendalikan keinginan makan Anda.

2. Menurunkan Risiko Kanker dan Penyakit Jantung

Baca Juga: Tak Disarankan Para Ahli, Ini 5 Tips Diet yang Berbahaya bagi Kesehatan

Manfaat teh genmaicha yang kedua untuk menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. EGCG (Epigallocatechin Gallate) adalah antioksidan yang ditemukan di semua teh hijau, termasuk genmaicha. Studi menunjukkan bahwa antioksidan ini mendukung pencegahan kerusakan sel dan berbagai jenis kanker termasuk kanker kandung kemih, ovarium, dan pankreas. Studi menunjukkan bahwa EGCG tersebut menekan sel kanker yang tumbuh.

Tak hanya menurunkan risiko kanker, genmaicha juga menurunkan kolesterol jahat (LDL, low-density lipoprotein kolesterol) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL, high-density lipoprotein kolesterol) untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Selenium yang ditemukan pada genmaicha merangsang aliran darah yang dapat membantu mengurangi pembekuan darah. Karena penyakit jantung menjadi penyakit yang sangat berbahaya di seluruh dunia, minum secangkir genmaicha sehari dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

3. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Manfaat teh genmaicha yang ketiga untuk meningkatkan kesehatan gigi. Teh genmaicha juga dikenal dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut karena adanya polifenol yang terkandung di dalam daunnya.

Sifat antibakteri yang ditemukan dalam genmaicha membunuh bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi, gigi berlubang, dan bau mulut. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk minum teh hijau beras merah genmaicha untuk meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan daripada minum kopi biasa.

4. Mengatasi Tiroid dan Menghilangkan Toksin

Manfaat teh genmaicha yang keempat untuk mengatasi tiroid dan menghilangkan racun dalam tubuh. Tiroid adalah kelenjar yang mengatur metabolisme tubuh dan mengontrol produksi hormon penting. Kehadiran selenium di genmaicha berkontribusi untuk mengatur hormon tiroid.

Kekurangan selenium dapat menyebabkan tiroid Anda mengeluarkan terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon, yang dapat menyebabkan penglihatan yang buruk, kelelahan, atau masalah tidur.

Faktanya, teh hijau secara alami mengandung polifenol yang memberikan antioksidan ke hati sekaligus mendetoksifikasi tubuh Anda. Karena genmaicha dicampur dengan sencha, minum genmaicha sepanjang hari akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sambil membersihkan tubuh Anda dari racun.

5. Membantu dengan Relaksasi dan Fokus

Manfaat teh genmaicha yang terakhir untuk membantu relaksasi dan fokus tubuh. Minum teh genmaicha dapat membantu dalam masalah tidur, relaksasi, dan juga fokus Anda. Secangkir genmaicha mengandung GABA (Gamma-Aminobutyric Acid) dan theanine yang menenangkan pikiran Anda.

GABA adalah asam amino alami yang bekerja sebagai neurotransmitter di otak Anda. Senyawa ini disebut neurotransmitter penghambat karena memblokir atau membatasi beberapa sinyal otak, mengurangi aktivitas otak, sehingga menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

Satu-satunya makanan alami lainnya yang mengandung GABA adalah yang difermentasi seperti kimchi, miso, dan tempe. Selain itu, genmaicha dapat mengurangi stres jika dikonsumsi di awal hari atau meningkatkan relaksasi jika diminum sebelum Anda tidur.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment