Tak Usah Khawatir, Ini Tips Berolahraga bagi Penderita Asma

11 May 2024 - 08:00 WIB
Pexels

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kegiatan aktif seperti olahraga memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang yang menderita asma karena berpotensi memperparah gejala.

Hal ini biasanya terjadi dalam waktu singkat setelah memulai olahraga, mencapai puncak dalam beberapa menit, dan kemudian mereda dalam waktu sekitar satu jam. Kondisi ini dikenal sebagai bronkokonstriksi akibat olahraga (EIB).

Meskipun sedikit menakutkan bagi penderita asma, olahraga adalah hal yang penting untuk menunjang kehidupan yang lebih sehat. Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (8/5/24), berikut sederet tips berolahraga bagi penderita asma, antara lain:

1. Berkonsultasi dengan dokter

Sebelum memulai rutinitas olahraga, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan saran yang sesuai berdasarkan tingkat keparahan asma Anda.

Baca Juga: Ditreskrimsus Polda Jatim Tetapkan 3 Tersangka Konten Kreator Video Asusila di Bangkalan

2. Rencana pengobatan asma

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Anda untuk membuat rencana tindakan asma yang mencakup tindakan pencegahan dan penanganan gejala.

3. Perhatikan tubuh

Kenali tanda-tanda normal dan gejala serangan asma saat berolahraga. Penting untuk tetap memerhatikan tubuh Anda.

4. Bawa inhaler

Selalu bawa inhaler sebagai penyelamat bagi penderita asma saat berolahraga untuk mengatasi gejala asma yang mungkin muncul.

5. Periksa cuaca

Hindari berolahraga dalam cuaca yang sangat dingin atau panas, yang dapat memicu gejala asma, atau bisa melakukan olahraga di dalam ruangan sebagai alternatif.

6. Kurangi paparan serbuk sari

Serbuk sari bisa menjadi hal alergi bagi sebagian orang. Periksa keberadaan serbuk sari di daerah Anda melakukan olahraga sangat penting untuk menghindari kambuh.

7. Kurangi paparan polusi udara

Hindari berolahraga di daerah dengan tingkat polusi udara tinggi untuk mengurangi risiko gejala asma.

8. Olahraga di pagi hari

Olahraga di pagi hari dapat membantu menghindari gejala asma yang lebih parah, terutama jika Anda memiliki alergi terhadap debu.

9. Pahami batasan tubuh

Mulailah dengan intensitas rendah dan beristirahat secara teratur,juga jangan terlalu memaksakan diri.

10. Tutupi mulut dan hidung

Gunakan syal untuk melindungi mulut dan hidung Anda saat berlari di udara dingin.

11. Perhatikan tindak pencegahan

Ketika berolahraga usahakan pergi bersama teman, selalu bawa ponsel, dan hindari daerah terpencil agar tidak membahayakan keselamatan Anda.

Meskipun asma dapat menjadi hambatan, Anda bisa melakukan cara aman olahraga bagi penderita asma, sehingga bisa menikmati manfaat olahraga tanpa khawatir.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment