Tak Hanya Nikmat, Ini Sederet Racikan Kopi yang Dapat Menyehatkan Tubuh

11 November 2023 - 08:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Minuman yang dikenal dapat membuat orang lebih berenergi hingga kaya antioksidan ini, sering diolah menjadi minuman yang lebih sehat.

Salah satunya dengan mengganti pemanis buatan dengan bahan alami yang lebih terjamin kesehatannya.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (10/11/23), berikut sederet racikan kopi sehat yang menarik untuk dicoba, antara lain:

1. Kopi Jamur

Kopi jamur bukanlah kopi dengan tambahan irisan jamur, melainkan kopi yang dicampur bubuk ekstrak jamur atau memang murni ekstrak jamur saja yang bisa diseduh seperti kopi. Minuman ini bisa jadi alternatif kopi untuk mereka yang sensitif kafein.

Menurut ahli gizi dan pakar herbal, Jenna Volpe mengatakan, jamur yang dimaksud adalah jenis adaptogenik. Misalnya jamur reishi, cordyceps, chaga, ekor kalkun, dan surai singa. Kopi jamur dinikmati dengan beberapa cara. Ada yang diseduh seperti bubuk kopi, dicampur air hangat seperti meracik teh, atau dalam kemasan siap santap. Semua tergantung pada merek yang dikonsumsi.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Kapolda NTB Ajak Masyarakat Sambut dengan Gembira

2. Kopi Campur Minyak Zaitun

Minyak zaitun dalam kopi merupakan kombinasi yang patut dicoba. Kombinasi kopi ini dapat meningkatkan asupan lemak sehat dan memperpanjang efek kafein pada tubuh.

Biasanya, jenis lemak yang ditambahkan ke dalam racikan kopi adalah mentega. Namun, kini bisa menggantinya dengan minyak zaitun. Racikan kopi ini cocok dinikmati oleh pelaku diet keto.

Minyak zaitun yang dijadikan campuran kopi ini memiliki manfaat kesehatan. Lemak sehat ini dapat memperlambat penyerapan kafein.

3. Kopi Campur Mentega Tawar

Bulletproof Coffee atau dikenal juga dengan nama kopi mentega pertama kali diperkenalkan oleh Dave Asprey, seorang penulis gaya hidup dan CEO BUlletproof pada akhir tahun 2000-an.

Ia menikmati teh dengan campuran mentega, kemudian di tahun berikutnya ia mulai mempromosikan kopi yang dicampur mentega.

Kopi mentega ini dikenal sebagai minuman dengan kandungan kalori dan lemak yang tinggi. Ketika kopi hitam diracik dengan mentega, maka hasilnya konsistensi kopi menjadi kental berbusa. Mirip seperti racikan latte yang nikmat.

4. Kopi Campur Lemon

Campuran kopi dan buah lemon ini dikatakan dapat memberikan khasiat yang lebih manjur untuk kesehatan termasuk salah satunya membantu diet agar hasilnya lebih efektif.

Tetapi banyak orang meragukan kenikmatan rasa kopi campur lemon yang sebenarnya punya khasiat yang sangat baik terkandung di dalamnya.

Kopi lemon ini sering disebut sebagai racikan ampuh untuk menurunkan berat badan. Walaupun sebenarnya khasiat tersebut belum bisa dibuktikan secara ilmiah melalui penelitian yang dilakukan ahli.

5. Kopi Tambah Alpukat

Secara alami, buah alpukat bertekstur kental dan lembut. Dengan begitu, akan memberikan karakter yang sama dengan kopi campur krimer. Tambahan alpukat ini dapat meningkatkan rasa. Tak hanya itu, manfaat kesehatan juga bisa didapatkan dari paduan kopi dan alpukat. Alpukat akan menyeimbangkan kandungan kafein pada kopi.

Campuran kopi dengan alpukat bagus dikonsumsi mereka yang memiliki toleransi rendah terhadap kafein. Alpukat dikemas dengan serat dan lemak sehat yang mampu meningkatkan energi.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment