Tak Hanya Dagingnya, Ternyata Air Kunyit Berkhasiat bagi Tubuh

13 May 2024 - 06:45 WIB
Shutterstock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Bukan tanpa alasan, bumbu rempah yang kerap kali digunakan sebagai bahan masakan ini mengandung protein, serat, vitamin, mineral, dan berbagai macam nutrisi lainnya yang diketahui dapat meningkatkan imun tubuh hingga meminimalkan risiko penyakit jantung.

Setiap kandungan nutrisi yang terdapat pada kunyit memiliki khasiatnya tersendiri bagi tubuh. Apabila dikonsumsi dalam takaran yang sesuai, manfaatnya pun bisa diperoleh secara optimal.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (10/5/24), berikut sederet khasiat air kunyit bagi tubuh, antara lain:
 
1. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
 
Manfaat kunyit untuk kesehatan yang pertama adalah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, kunyit mengandung berbagai senyawa antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri sehingga dapat membantu sistem imun tubuh dalam melawan efek radikal bebas serta mencegah infeksi dari berbagai mikroba penyebab penyakit.
 
2. Meredakan Nyeri Haid
 
Kunyit telah dikenal sebagai obat herbal yang dapat membantu mengatasi nyeri haid. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dapat membantu mengurangi kontraksi otot rahim selama menstruasi.

Tak hanya itu, kandungan kurkumin juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko haid tidak teratur, timbulnya jerawat, dan gangguan keseimbangan hormon lainnya.
 
3. Meredakan Gatal-Gatal pada Kulit
 
Terdapat pula manfaat kunyit untuk kulit yang membantu meredakan gatal-gatal akibat kondisi medis tertentu, seperti dermatitis atopik (eksim), penyakit ginjal kronis, psoriasis, infeksi kulit dan lain sebagainya. Agar memperoleh manfaat ini secara optimal, campurkanlah kunyit dan air ekstrak lada hitam untuk dijadikan minuman herbal.

Baca Juga: Pemerhati Kelautan, Minta KKP Atasi Permasalahan Sampah di Laut

4. Membantu Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan
 
Membantu mengatasi gangguan sistem pencernaan juga menjadi salah satu manfaat kunyit yang sayang jika dilewatkan. Kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya dapat meningkatkan produksi mukus atau lendir untuk menjaga lapisan dinding lambung supaya tidak rusak karena enzim pepsin dan asam lambung sehingga bisa membantu meredakan dispepsia dan meminimalkan risiko tukak lambung.
 
Kunyit juga memiliki senyawa antioksidan dan antiradang yang dapat membantu melancarkan kinerja otot saluran pencernaan. Hal inilah yang diyakini bisa membantu meredakan perut kembung serta irritable bowel syndrome.
 
Tak hanya itu, dilansir dari jurnal kesehatan internasional BMC Complementary and Alternative Medicine, kurkumin dari ekstrak kunyit dapat mengurangi risiko kerusakan pada organ hati akibat paparan racun berlebih. 
 
5. Membantu Menurunkan Berat Badan
 
Karena mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi, konsumsi kunyit secukupnya mampu menekan respons peradangan pada sel-sel tubuh, salah satunya peradangan tubuh yang dipicu oleh obesitas.
 
Kunyit juga memiliki efek antioksidan yang dapat menghambat proses diferensiasi adiposit, yaitu sel tubuh yang berfungsi untuk menyimpan energi dalam bentuk lemak.
 
6. Meminimalkan Risiko Penyakit Kardiovaskular
 
Salah satu manfaat kunyit bagi kesehatan yang tidak kalah penting adalah mampu meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular. Pasalnya, kandungan kurkumin pada kunyit dapat membantu melindungi endotelium atau lapisan pembuluh darah dari kerusakan sehingga bisa mengoptimalkan kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.
 
Tak hanya itu, kandungan antioksidan dan antiinflamasi di dalam kunyit juga dipercaya dapat membantu mengurangi gejala penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), asma, serta fibrosis paru.
 
7. Membantu Mengendalikan Gula Darah
 
Mengonsumsi kunyit secukupnya secara rutin diketahui dapat meningkatkan kinerja hormon insulin sehingga mampu membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Bahkan, karena memiliki efek antiinflamasi, konsumsi kunyit juga dapat meminimalkan risiko terjadinya komplikasi peradangan akibat diabetes.
 
8. Memelihara Fungsi Otak
 
Manfaat mengonsumsi kunyit untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan dan fungsi otak. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung senyawa antiinflamasi yang bisa meminimalkan risiko peradangan di otak.

Bahkan, konsumsi kunyit secukupnya juga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat serta membantu menangani penyakit Alzheimer.
 
9. Mengurangi Gejala Depresi
 
Konsumsi kunyit secukupnya dipercaya dapat membantu mengoptimalkan kerja obat antidepresan dalam mengendalikan gejala depresi.

Tak hanya itu, kurkumin di dalam kunyit juga mampu meningkatkan produksi hormon dopamin dan serotonin yang berfungsi untuk mengatur suasana hati.
 
10. Meminimalkan Risiko Kanker
 
Kandungan kurkumin di dalam kunyit memiliki efek antiinflamasi sehingga dapat membantu menghambat pertumbuhan serta penyebaran sel kanker. Kendati demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas kunyit dalam meminimalkan risiko kanker.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment