Tak Disangka, Ini 7 Manfaat Vitamin B12 yang Tidak Semua Orang Tahu

30 May 2023 - 21:30 WIB
Foto: Asian Parent

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari rajin berolahraga, menjaga pola tidur, dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Apa saja gizi yang harus diperhatikan? Mulai dari kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, hingga vitamin.

Salah satu jenis vitamin yang dikenal kaya manfaat adalah vitamin B12. Ini manfaat B12 dan sumber makanan yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (28/5/23).

1. Melawan Hiperpigmentasi Pada Kulit

Dikutip dari Stylecraze, ada penelitian yang menyebutkan bahwa kekurangan vitamin B12 menyebabkan kulit mengalami hiperpigmentasi. Kondisi ini menyebabkan sebagian area kulit lebih gelap daripada area lain. Konsumsi vitamin B12 bisa membantu melawan hiperpigmentasi pada kulit.

2. Mengobati Eksim

Tidak hanya untuk melawan kondisi kulit seperti hiperpigmentasi, vitamin B12 ternyata bisa mengurangi keparahan eksim. Walau krim vitamin B12 bisa didapat di apotek, tetap perlu dilakukannya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  Kapolri Akan Dalami Dugaan Kebocoran Putusan MK Atas Sistem Pemilu

3. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Sering mengalami rambut rontok atau rambut tak kunjung tumbuh dalam waktu yang lama? Mungkin ini saatnya kamu mulai memperbanyak konsumsi vitamin B12. Hal ini karena vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang merangsang pertumbuhan rambut.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu kondisi kerapuhan tulang yang kerap terjadi adalah osteoporosis, yang setelah diteliti ternyata dipicu oleh kekurangan vitamin B12 serta kadar homosistein yang tinggi. Oleh karena itu, konsumsi vitamin B12 ini bisa dibilang dapat membantu menurunkan kadar homosistein yang memicu osteoporosis.

5. Mencegah Pikun

Seiring bertambahnya usia, pikun adalah fenomena yang hampir selalu terjadi. Untuk memperlambat penurunan daya ingat, konsumsi vitamin B12 yang dikombinasikan dengan asam lemak omega 3 cukup direkomendasikan.

6. Peningkatan Produksi Sel Darah Merah

Sel darah merah punya peran yang krusial bagi tubuh, yakni untuk mengikat oksigen dan membawanya dari paru-paru ke seluruh tubuh. Nah, dengan mengonsumsi vitamin B12, produksi sel darah merah bisa lebih lancar sehingga sirkulasi oksigen di dalam tubuh juga seimbang.

7. Mengurangi Risiko Kehamilan

Bagi ibu hamil, vitamin B12 direkomendasikan guna kesehatan otak dan sistem saraf janin. Mengutip dari Healthline, kekurangan vitamin B12 saat sedang mengandung, beberapa risiko seperti cacar lahir, cacat tabung saraf, kelahiran prematur, hingga keguguran mungkin dapat terjadi.

(sy/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment