Simak Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan Saat Diet

16 September 2023 - 07:45 WIB
Foto: KlikDokter

Tribratanews.polri.go.id - Nasi, kentang, atau singkong kerap dianggap sebagai makanan tinggi karbohidrat. Namun ada juga buah dengan kadar karbohidrat tinggi.

Menariknya, selama ini buah kerap dijadikan makanan atau camilan sehat saat diet. Alasannya, buah dianggap sehat, kaya nutrisi, serat, dan mengenyangkan.

Memang tidak salah selama dikonsumsi dalam jumlah wajar. Tapi juga perlu memilih buah yang tepat. Lalu apa saja buah karbohidrat tinggi yang harus dibatasi asupannya saat diet?

Berikut ini buah dengan karbohidrat yang tinggi dan tidak dikonsumsi berlebihan saat diet, dilansir dari cnnindonesia, Jumat (15/9/23):

1. Pisang

Pisang adalah buah dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Dalam satu buah pisang berukuran sedang saja mengandung sebanyak 27 gram karbohidrat. Selain karbohidrat, pisang juga kaya serat dan vitamin yang menyehatkan jantung seperti potasium dan vitamin B6.

Baca Juga:  Inilah Beberapa Makanan yang Bisa Buat Bahagia dan Sehat

2. Mangga

Mangga mungkin jadi salah satu buah favorit orang-orang namun faktanya buah-buahan tropis ini biasanya tinggi gula. Dalam 165 gram daging buah mangga yang telah diiris terdapat sekitar 28 gram karbohidrat.

3. Nanas

Setiap 165 gram buah nanas yang telah diiris mengandung sekitar 22 gram karbohidrat. Namun demikian, buah ini juga menawarkan nutrisi hebat lainnya untuk tubuh. Tidak masalah makan nanas saat diet, asal tidak berlebihan.

4. Apel

Apel juga tergolong buah dengan karbohidrat yang cukup tinggi. Satu buah apel berukuran sedang mengandung 25 gram karbohidrat. Namun bukan berarti dilarang makan apel. Pasalnya, buah satu ini juga mengandung antioksidan yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh.

5. Anggur

Anggur juga mengandung karbohidrat. Mengutip Eating Well, dalam 175 gram anggur mengandung sekitar 28 gram karbohidrat.

6. Buah ceri

Dalam setiap 200 gram buah ceri mengandung sekitar 25 gram karbohidrat. Meski tinggi karbohidrat, tapi buah ini mengandung nutrisi penting untuk mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan kulit serta kekebalan tubuh.

7. Sukun

Dari semua jenis buah, sukun adalah buah dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Mengutip dari Tasting Table, per 250 gram saja, buah ini bisa menghasilkan 60 gram karbohidrat.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment