Siapa Sangka Lima Bumbu Dapur Ini Bisa Sembuhkan Penyakit pada Tubuh

25 September 2024 - 07:15 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Indonesia terkenal akan banyaknya rempah seperti bumbu dapur yang digunakan untuk membuat masakan menjadi lezat, sejumlah bumbu dapur ternyata mengandung bahan alami yang dapat mengatasi berbagai penyakit.

Berikut sederet yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan:

1. Jahe
Akar jahe efektif dalam mengurangi rasa mual. Jahe juga efektif dalam meredakan nyeri haid. Ini karena akarnya mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah. Cobalah secangkir teh jahe hangat saat Anda mengalami kram.

2. Bawang Putih
Bawang putih memiliki khasiat analgesik, antiradang dan antibakteri alami. Rebus bawang putih cincang dan jahe hingga meresap lalu minum cairannya saat dingin.

Ini dapat membantu menyembuhkan demam! Bawang putih juga membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Berkumurlah dengan enam siung bawang putih yang dihaluskan dalam air hangat dua kali sehari.

3. Madu
Madu memiliki khasiat antibakteri yang kuat. Madu dapat diminum dengan air panas, lemon, dan jahe untuk meredakan sakit tenggorokan, atau dimakan begitu saja untuk membantu meredakan batuk.

4. Kunyit
Bumbu kuning ini mendapat banyak kelebihan, dan untuk alasan yang baik. Kunyit adalah sumber curcumin yang baik, yang merupakan antioksidan yang memudahkan Anda menghilangkan peradangan.

Penelitian menunjukkan bahwa curcumin dapat membantu meringankan rasa sakit. Bahkan penelitian lain menunjukkan bahwa makan kunyit dalam jumlah kecil secara teratur dapat membantu mencegah atau memperlambat penyakit Alzheimer.

5. Lada Hitam
Bumbu dapur lada hitam biasanya digunakan sebagai tambahan terakhir pada masakan. Meskipun demikian, jangan sepelekan lada hitam, karena bumbu dapur ini kaya akan antioksidan yang menangkal radikal bebas dan memiliki kandungan anti radang.

Penambahan lada hitam pada masakan juga dipercaya dapat membantu penyerapan nutrisi-nutrisi yang penting, seperti selenium, kalsium, dan sebagainya.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment