Siapa Sangka, Ini Lima Manfaat Makan Jamur Tiram Bagi Kesehatan

23 September 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Jamur tiram merupakan jenis jamur lezat, dan juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Varian tiram juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin, dan mineral.

Jamur tiram dipercaya mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, jamur ini dikenal memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis.

Berikut beberapa manfaat konsumsi jamur tiram bagi kesehatan tubuh:

1. Jaga Kesehatan Jantung
Studi berjudul Dietary fiber, atherosclerosis, and cardiovascular disease yang terbit pada Nutrients menunjukkan bahwa, makanan utuh berserat, seperti jamur, memberikan manfaat kesehatan karena mengandung sedikit kalori.

Jamur mengandung senyawa beta-glucan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengurangi kolesterol, risiko terjadinya penyumbatan arteri dan penyakit jantung dapat berkurang.

Selain itu, jamur juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel jantung dari kerusakan yang akibat radikal bebas. Makanan ini menjadi pilihan tepat untuk pola makan yang lebih sehat.

2. Turunkan Kolesterol
Penelitian berjudul Modulation of cholesterol-related gene expression by dietary fiber fractions from edible mushrooms yang terbit pada Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan, jamur merupakan sumber serat pangan dengan efek menurunkan kolesterol.
Jamur tiram menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh melalui beberapa cara. Pertama melalui senyawa beta-glukan yang merupakan serat larut air. Serat ini membantu mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan mencegahnya terserap ke dalam aliran darah.
Kedua, jamur ini juga mengandung senyawa ergosterol yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D berguna untuk mengatur kadar kolesterol dalam darah.

3. Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat jamur tiram untuk memperkuat sistem imun tubuh juga tidak terlepas dari kandungan sejenis serat beta-glukan yang bernama pleuran. Jenis beta-glukan ini sudah terbukti memiliki sifat modulasi kekebalan,
Zat tersebut bisa memperbaiki gejala dari infeksi virus, seperti infeksi virus herpes simpleks 1 dan infeksi saluran pernapasan. Selain itu, jamur tiram juga memiliki efek antivirus dan antibakteri.

4. Tingkatkan Kesehatan Kognitif
Jamur tiram mengandung senyawa antioksidan seperti ergotionein yang membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif. Kandungan ini penting dalam pencegahan penuaan sel otak.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah
Satu studi pada pasien rawat inap dengan diabetes tipe 2 mendapati hasil, makan 150 gram jamur tiram tiga kali sehari selama 7 hari, dapat mengurangi kadar gula darah puasa sekitar 22 persen. Setelah 1 minggu tanpa jamur, kadar gula darah puasa meningkat sekitar 13 persen.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment