Tak Disangka, Ini Ternyata Khasiat dari Minyak Almond

23 April 2024 - 08:30 WIB
Realfood

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Minyak almond merupakan minyak esensial yang dihasilkan dari proses ekstraksi kacang almond. Setelah diekstrak, minyak ini dapat langsung digunakan atau dimurnikan terlebih dahulu.

Namun, minyak almond yang tidak dimurnikan mengandung nutrisi yang lebih banyak dibandingkan minyak almond yang dimurnikan.

Karena kandungan nutrisinya yang melimpah, minyak almond bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan alami untuk merawat kecantikan kulit, rambut, dan wajah.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (22/4/24), berikut sederet manfaat minyak almond bagi kecantikan, antara lain:

1. Membersihkan wajah

Minyak almond bisa dijadikan sebagai pembersih wajah alami yang bersifat melembabkan dan mencegah kulit kering. Minyak ini juga baik untuk mencegah dan membantu meredakan gejala eksim dan psoriasis.

Namun, Anda tidak dianjurkan menggunakan minyak ini jika memiliki alergi terhadap kacang almond.

Baca Juga: Polda Sumsel Imbau Pada Masyarakat Untuk Jaga Kamtibmas Pasca Putusan MK Sidang PHPU Pilpres 2024

2. Mencerahkan wajah

Tak hanya menjadi pembersih, minyak almond juga bisa dibuat menjadi masker wajah untuk mencerahkan kulit wajah. Anda hanya perlu menyiapkan minyak almond dan madu.

3. Melembapkan bibir

Jika memiliki bibir pecah-pecah, Anda bisa mengoleskan minyak almond untuk melembabkan bibir. Ini karena adanya kandungan vitamin E, antioksidan, dan lemak pada minyak almond yang dapat melembapkan dan menyembuhkan luka.

4. Mengangkat sel kulit mati

Minyak almond juga bisa dijadikan scrub untuk eksfoliasikulit wajah. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, debu, serta kuman dari permukaan kulit.

5. Melembapkan kaki

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, minyak almond memiliki manfaat untuk menjaga kecantikan kulit karena dapat melembapkan dan mencegah kulit kering.

Oleh karena itu, selain digunakan sebagai pelembab wajah, minyak almond juga dapat digunakan untuk melembapkan kaki sehingga kaki tidak kering dan pecah-pecah.

Untuk menggunakannya, Anda dapat mengoleskan minyak almond ke telapak kaki secara menyeluruh setiap harinya.

6. Melembutkan rambut

Minyak almond mengandung beragam nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Minyak alami ini diketahui bermanfaat untuk melembutkan rambut, memperbaiki kerusakan, dan merawat kulit kepala.

7. Merangsang pertumbuhan rambut sehat

Minyak almond dipercaya dapat menyuburkan rambut. Hal ini diduga karena minyak almond mudah meresap ke dalam kulit, sehingga dapat menutrisi dan menguatkan akar rambut. Selain itu, minyak almond juga membuat rambut tidak mudah bercabang.

Untuk menggunakan minyak almond sebagai penyubur rambut, Anda cukup mengoleskan minyak ke kulit kepala dan pijat dengan lembut.

Tak hanya itu, Anda juga dapat mengoleskan minyak almond ke ujung rambut untuk melemaskan dan melembapkan rambut jika rambut Anda cenderung kering dan kaku.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment