Tak Disangka, Ini Lima Manfaat Cuci Kaki Sebelum Tidur

29 May 2023 - 06:45 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tidur merupakan bagian dari pola hidup sehat yang harus tercukupi setiap harinya karena sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Tak hanya itu, kuantitas dan kualitas tidur juga sangat berpengaruh pada kebugaran tubuh saat terbangun.

Sejumlah ahli menyebut untuk mendukung tidur malam yang nyenyak, rutinitas sederhana yang penting dilakukan adalah mencuci kaki. Seperti dilansir dari The Health Site, Minggu (28/5/23), berikut beberapa manfaat mencuci kaki sebelum tidur:

 Baca Juga:  Polda Metro Turunkan Tim Dokter Dalami Luka Suami Kasus KDRT di Depok

1. Meringankan Rasa Sakit

Kaki menahan beban seluruh tubuh setiap hari. Kita mungkin tidak menyadari bahwa hal ini menyebabkan rasa sakit dan ketegangan menumpuk di kaki. Mencuci kaki dengan air dingin atau air hangat akan membantu meringankan rasa sakit.

2. Mengatur Suhu Tubuh

Mencuci kaki dapat membantu mengatur suhu tubuh. Jika suhu terasa panas, Anda bisa mencuci kaki untuk membantu menurunkan suhu tubuh. Teori yang sama juga berlaku jika kita merasa kedinginan.

3. Sembuhkan Tumit Pecah-pecah

Air juga membantu menyembuhkan kulit. Jadi, pedikur singkat sebelum tidur dapat membantu menyembuhkan tumit pecah-pecah dan menjaga kulit tetap halus dan kenyal.

4. Meningkatkan Aliran Darah

Mencuci kaki akan membantu meningkatkan aliran darah dan juga menghilangkan bau tak sedap terutama di musim panas.

5. Bantu Penyembuhkan Cedera

Mencuci kaki bisa membantu meringankan nyeri sendi dan otot. Anda dapat menggunakan ember berisi air dingin atau air hangat atau menggunakan keduanya untuk terapi panas dan dingin.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment