Jarang Terdengar, Ini Sederet Khasiat Buah Arbei bagi Tubuh

25 April 2024 - 07:15 WIB
Shutterstock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Buah arbei dikenal kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidannya ini juga termasuk makanan tinggi air dengan sedikit kalori, sehingga membuatnya cocok dijadikan sebagai camilan sehat yang manis dan segar. Umumnya ada 2 jenis arbei, yaitu arbei berwarna hitam dan merah.

Beragam senyawa yang berperan sebagai antioksidan, seperti antosianin, sianidin, myricetin, dan asam klorogenat. Arbei yang berwarna tua dan matang diketahui lebih kaya akan antioksidan dibandingkan dengan arbei yang belum matang.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (23/4/24), berikut sederet khasiat buah arbei yang kaya akan manfaatnya bagi tubuh, antara lain:

1. Memperkuat imunitas tubuh

Arbei bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh karena kandungan vitamin C di dalamnya yang cukup banyak, bahkan melebihi kadar vitamin C pada jeruk. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang mampu memaksimalkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Dengan sistem imunitas atau kekebalan yang kuat, tubuh pun terlindungi dari berbagai infeksi, seperti flu. Selain itu, mengonsumsi buah tinggi vitamin C, seperti arbei, saat sakit pun bisa membuat tubuh pulih lebih cepat.

Baca Juga: Kemenag Minta Masyarakat Waspadai Tawaran Berangkat Haji Tanpa Antrean

2. Menurunkan kolesterol

Arbei termasuk buah yang baik dikonsumsi untuk penderita kolesterol tinggi. Beberapa penelitian mengatakan bahwa arbei mengandung senyawa antosianin yang bisa mengurangi kelebihan lemak dan menurunkan kadar kolesterol.

Antosianin juga dapat menjaga keseimbangan antara kadar kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Karena manfaatnya ini, arbei dapat mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah (aterosklerosis).

3. Menyehatkan jantung

Kandungan antosianin yang bisa menurunkan kadar kolesterol pada akhirnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah dapat meningkatkan tekanan darah dan memberatkan kinerja jantung untuk memompa darah.

Manfaat arbei untuk menyehatkan jantung juga didukung oleh kandungan kalium di dalamnya. Nutrisi ini berperan penting dalam mengontrol tekanan darah dan menjaga detak jantung tetap stabil.

4. Mengontrol kadar gula darah

Arbei juga merupakan salah satu buah yang cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2. Pada kondisi ini, kadar gula darah meningkat dengan cepat setelah makan, apalagi makan makanan yang tinggi karbohidrat.

Arbei mengandung senyawa yang bisa memecah karbohidrat di usus dan memperlambat peningkatan gula darah setelah makan. Karena manfaatnya ini, ekstrak arbei sering kali dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk diabetes.

5. Mengurangi risiko terkena kanker

Selama ratusan tahun silam, arbei dijadikan sebagai salah satu pengobatan tradisional Cina untuk menangani kanker. Manfaat arbei untuk kanker diduga karena kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu melawan pertumbuhan sel kanker.

Namun, penelitian yang membahas manfaat arbei untuk kanker masih terbatas pada hewan. Oleh karena itu, penanganan dari dokter tetap menjadi langkah utama dalam pengobatan kanker, baik melalui kemoterapi maupun terapi radiasi.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment