Jangan Disepelekan, Ini 10 Gejala Sinusitis yang Paling Umum Terjadi

27 April 2024 - 08:00 WIB
Freepik

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sinusitis merupakan infeksi pada lapisan sinus yang biasanya terjadi akibat virus. Gejala sinusitis bisa menyebabkan tekanan dan nyeri di rongga hidung.

Namun, gejala infeksi hidung ini seringkali mirip dengan gejala pilek atau alergi. Itulah mengapa penting untuk mengenali gejala sinusitis di sini agar kamu bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (26/4/24), berikut sederet gejala sinusitis yang tak boleh diabaikan, antara lain:

1. Nyeri dan tekanan pada sinus

Sinus adalah ruang berlubang di dalam tulang di antara mata, di belakang tulang pipi, dan di dahi. Ketika infeksi terjadi, cairan menumpuk di ruang berisi udara tersebut. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit dan tekanan yang hebat pada sinus.

Rasa sakitnya bisa terasa di pipi, sekitar mata dan hidung, atau di dahi karena area tersebut merupakan tempat sinus berada. Gejala sinusitis ini juga bisa semakin terasa saat kamu membungkuk.

Baca Juga: China Dilanda Banjir Bandang, Puluhan Ribu Warga Satu Kota Mengungsi

Terkadang, tekanan dan rasa sakitnya cukup hebat hingga mengganggu tidur. Sinusitis juga dapat menyebabkan jaringan di hidung membengkak.

2. Sakit kepala

Tekanan dan nyeri akibat sinusitis bisa menyebabkan sakit kepala di bagian depan. Beberapa pengidap juga melaporkan bahwa rasa sakitnya bisa menyebar ke tempat lain, menyebabkan masalah yang lebih luas atau bahkan sakit leher.

3. Postnasal drip

Ini merupakan lendir yang menetes dari hidung hingga ke bagian belakang tenggorokan. Kondisi ini dapat menyebabkan perasaan serak dan tersumbat atau rasa tertekan di tenggorokan atau mulut.

4. Hidung tersumbat

Infeksi sinus biasanya terjadi ketika ada cairan yang terperangkap di dalam sinus tempat berkembangnya virus, bakteri, atau jamur. Karena penumpukan cairan dan peradangan inilah, hidung menjadi tersumbat.

Namun, tidak sedikit orang yang sering menyalahartikan gejala sinusitis ini sebagai gejala flu biasa. Karena itu, pahami Gejala Awal Sinusitis yang Sering Disalahartikan.

5. Batuk

Gejala sinusitis lainnya yang juga bisa terjadi adalah batuk. Hal ini karena infeksi sinus bisa menyebabkan lendir dan cairan menumpuk di tenggorokan, sehingga membuat tenggorokan terasa gatal atau penuh.

Itulah mengapa pengidap bisa mengalami batuk berulang kali untuk mencoba membersihkan tenggorokan, tapi ada juga yang mengalami batuk yang tidak terkendali.

6. Demam

Demam merupakan tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Beberapa orang mengalami demam karena infeksi sinus. Gejala lain yang juga bisa menyertai demam, antara lain menggigil, kelelahan, dan nyeri otot.

7. Lendir berwarna terang

Virus, bakteri, atau jamur pada lendir bisa mengubah warnanya. Itulah mengapa pengidap sinusitis sering kali batuk dengan dahak berwarna hijau atau kuning atau lendir yang keluar dari hidung berwarna cerah.

Sinusitis menyebabkan banyak produksi lendir, dan pengidap mungkin merasa tidak bisa membersihkan sinus tidak peduli seberapa sering mereka membuang ingus.

8. Kelelahan

Kelelahan juga menjadi gejala sinusitis yang umum. Hal itu karena melawan infeksi sinus memerlukan energi dari tubuh, sehingga tubuh sering merasa lelah.

Beberapa pengidap merasa lelah karena tidak bisa bernapas dengan mudah atau kesakitan.

9. Bau mulut

Lendir yang berhubungan dengan infeksi sinus mungkin memiliki bau yang tidak sedap, yang dapat menyebabkan bau mulut atau rasa tidak enak di mulut.

10. Sakit gigi

Tekanan sinus yang kuat dapat menyebabkan nyeri pada gusi. Itulah mengapa sakit gigi, nyeri gusi, atau nyeri di mulut sering menjadi gejala sinusitis.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment