Hari Gizi Nasional 2023: Cegah Stunting dengan Protein Hewani

25 January 2023 - 17:20 WIB
news.detik.com

Tribratanews.pori.go.id - Hari Gizi Nasional diperingati setiap 25 Januari. Hari Gizi Nasional merupakan momentum penting untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Tanah Air terhadap pentingnya menjaga gizi. Tahun ini, masyarakat kembali diingatkan untuk bersama-sama berupaya mencegah stunting. 

Dikutip dari laman Kemenkes, Rabu (25/1/23), peringatan Hari Gizi Nasional tahun ini mengambil tema 'Protein Hewani Cegah Stunting'. 

Tema ini diusung sebagai ajakan kepada masyarakat untuk mencegah stunting.

Baca juga : Kemenkes: Sudah 40 Juta Tiket Vaksin Booster Kedua Dibagikan Ke Masyarakat

Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kurang gizi kronis serta infeksi berulang. Kondisi ini biasanya ditandai dengan tinggi badan anak yang berada di bawah standar.

Stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik.

Tema ini diangkat dengan mempertimbangkan permasalahan stunting yang belum mencapai target. Untuk mengatasinya, asupan protein hewani jadi satu hal yang penting untuk diperhatikan. Apalagi, angka stunting di Indonesia masih tinggi, yakni 24,4% (SSGI 2021), meskipun terjadi penurunan dari tahun sebelumnya yaitu 27,7% (SSGI 2019). Angka 24,4 persen itu tetap dinilai masih tinggi. Masih butuh upaya untuk mencapai target penurunan stunting sebesar 14% pada 2024.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment