Dahsyat, Ini Ternyata Sederet Khasiat Air Rebusan Daun Salam Kering bagi Kesehatan

10 May 2024 - 07:15 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Daun salam kering sering digunakan sebagai bahan aroma untuk masakan. Tak hanya itu, rebusan daun salam kering juga kerap menjadi alternatif pengobatan penyakit tertentu.

Lantas, apa manfaat rebusan daun salam kering bagi kesehatan? Manfaat rebusan daun salam kering yaitu untuk menurunkan kadar asam urat, mengurangi nyeri, meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, serta meredakan stres.

Dilansir dari berbagai sumber, Healthline dan Healtshots, Senin (6/5/24), berikut sederet khasiat rebusan daun salam kering, antara lain:

1. Menurunkan kadar asam urat

Daun salam mengandung senyawa aktif kuersetin, miristin, dan mirisetin yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat sekaligus mencegah serangan gout.

Menurut studi yang diterbitkan BANRJournal, dua senyawa pada daun salam yaitu flavonoid dan tanin juga dapat mengurangi pembentukan kadar asam urat dengan mengikat enzim xantin oksidase.

Baca Juga: Polda Banten Kirimkan Personel BKO Pengamanan WWF ke-10 di Bali

2. Meredakan nyeri

Kandungan Eugenol dan Methyl chavicol dalam daun salam efektif membunuh bakteri dan jamur sehingga mampu meredakan nyeri dan peradangan akibat keseleo, artritis, dan rematik.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Beragam nutrisi dan senyawa pada daun salam dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Penelitian bahkan membuktikan bahwa menggunakan daun salam pada masakan dan air rebusannya bisa untuk mencegah tumor dan kanker.

4. Meringankan sinus

Sinus merupakan peradangan pada rongga hidung yang mengakibatkan sakit kepala, hidung tersumbat, pilek, dan nyeri pada wajah. Menurut penelitian, senyawa eugenol pada rebusan daun salam kering dan segar dapat mengobati keluhan terkait sinus.

Namun, penelitian itu masih terbatas pada tikus, jadi perlu studi lebih lanjut untuk memastikan manfaat daun salam dalam meredakan sinus.

5. Mengatasi insomnia

Senyawa linalool pada daun salam dapat membantu meningkatkan kualitas tidur sekaligus mengatasi insomnia. Minyak alami pada daun salam juga membantu menenangkan fungsi otak sehingga Anda dapat tidur lebih nyenyak.

6. Mengatasi tekanan darah tinggi

Minum air rebusan daun salam bisa untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan flavonoidnya.

7. Mencegah mikroba

Minyak alami dalam daun salam efektif dalam melawan bakteri seperti Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Enterococcus sp, dan Pseudomonas aeruginosa.

Bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi kulit, saluran cerna, dan saluran kemih. Daun salam juga mengandung antijamur yang efektif melawan beberapa spesies jamur.

8. Meringankan masalah pencernaan

Daun salam mengandung sifat antioksidan, anti inflamasi dan antispasmodik yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti maag, kembung, dan diare.

Senyawa aktif dalam daun salam membantu meningkatkan enzim lambung dan sekresi lendir, sehingga membantu melancarkan pencernaan dan melindungi dari cedera lambung.

9. Mencegah batu ginjal

Ekstrak daun salam maupun air rebusannya dapat menurunkan jumlah urease atau enzim yang berpotensi memicu timbulnya batu ginjal. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat ini.

10. Mengatasi stres dan kecemasan

Daun salam mengandung zat seperti linalol dan eucalyptol yang membantu mengendurkan sistem saraf pusat serta meredakan stres dan kecemasan.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment