Asing di Telinga, Ini Ternyata Manfaat Kol Ungu bagi Kesehatan

23 April 2024 - 08:00 WIB
Shutterstock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kol ungu atau yang sering disebut juga sebagai kol merah ini masih termasuk dalam keluarga Brassicaceae, lho, sama seperti kol (kubis), brokoli, dan kembang kol.

Meski bentuknya mirip dengan kol, rasa kol ungu sedikit lebih pahit. Tak hanya itu, kol ungu juga memiliki ukuran yang lebih kecil dan teksturnya pun lebih padat daripada kol biasa.

Karena teksturnya yang padat, kol ungu cenderung renyah saat digigit sehingga cocok untuk dijadikan salad sayuran atau lalapan. Nutrisi yang beragam, menjadikan sayuran yang sering digunakan untuk memperkaya warna pada hidangan ini kaya akan manfaat.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (21/4/24), berikut sederet manfaat kol ungu yang ternyata jarang diketahui orang, antara lain:

1. Membantu menurunkan berat badan

Rendahnya kandungan kalori dalam kol ungu membuatnya cocok untuk mendukung program penurunan berat badan. Tak hanya itu, sayuran yang juga bisa dihidangkan sebagai lalap ini kaya akan serat dan air yang membuatmu kenyang lebih lama, sehingga bisa membantu mengendalikan nafsu makan.

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Baca Juga: Ahli Diet: Jus Justru Dapat Hilangkan Kandungan Serat Buah

Kandungan vitamin C dalam 1 mangkuk kol ungu tidak berbeda jauh dengan 1 buah jeruk, lho. Vitamin C sendiri diperlukan tubuh untuk meningkatkan fungsi sel darah putih yang bertugas memerangi infeksi. Tak hanya vitamin C, peran kol ungu dalam meningkatkan daya tahan tubuh juga didukung oleh kandungan vitamin A di dalamnya.

3. Membuat kulit tampak awet muda

Selain dari luar, perawatan untuk kulit sehat dan awet muda juga harus kamu lakukan dari dalam. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kol ungu yang kaya akan antioksidan.

Antioksidan dalam kol ungu mampu melindungi kulit dari efek radikal bebas penyebab penuaan kulit. Rutin mengonsumsi kol ungu dan menjalani pola hidup sehat dapat mencegah munculnya kerutan dan bintik hitam, serta membuat kulit lebih halus dan kencang.

4. Menjaga kesehatan mata

Kol ungu juga diperkaya dengan beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang bagus untuk kesehatan mata, nih. Di dalam tubuh, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A, yang mana vitamin ini dapat menjaga kesehatan mata seiring bertambahnya usia.

Vitamin A yang banyak terdapat pada sayuran berwarna cerah, seperti kol ungu, wortel, dan ubi, memiliki sifat antioksidan dan dapat mencegah berbagai penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Meredakan gejala tukak lambung

Bila kamu menderita tukak lambung, konsumsi kol ungu bisa membantu meredakan gejala yang muncul, lho. Manfaat ini dipersembahkan oleh kandungan antioksidan, asam amino, serta aneka vitamin dan mineral, yang baik untuk mengurangi peradangan di lambung. Tak hanya itu, kol ungu juga bisa melindungi dinding lambung dari iritasi.

Meski demikian, kol cenderung bisa menghasilkan banyak gas di dalam saluran cerna. Oleh karena itu, kalau kamu merasa begah, banyak sendawa, atau justru mual setelah makan kol, ini artinya sayuran ini kurang cocok untuk perutmu. Biar lebih aman, kamu bisa mengolah kol ungu jadi jus terlebih dahulu agar lebih mudah dikonsumsi.

6. Memperkuat tulang

Kekuatan tulang sebaiknya dijaga sejak dini supaya risiko terjadinya osteoporosis dan radang sendi (arthritis) bisa dikurangi. Untuk mendapatkan tulang yang kuat, kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, fosfor, serta vitamin seperti kol ungu.

Kol ungu juga mengandung magnesium, mangan, dan zinc yang dapat menjaga kepadatan mineral tulang, sehingga tulangmu tetap kuat hingga usia senja.

7. Melancarkan dan menyehatkan pencernaan

Kol ungu mengandung serat yang bagus untuk kesehatan saluran cerna. Serat pada sayuran, termasuk kol ungu, dapat memberikan efek prebiotik yang bisa menyeimbangkan jumlah bakteri baik di usus. Hal ini bisa membuat saluran cerna lebih sehat dan terhindar dari berbagai gangguan, seperti penyakit Crohn atau sindrom iritasi usus besar.

Sementara itu, serat pada kol ungu juga bisa membuat kotoran jadi lebih padat dan membuat gerakan usus jadi lebih aktif. Hal ini bisa menjadikan kol ungu baik untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Jadi, kalau ingin buang air besar selalu lancar, jangan lewatkan kol ungu dalam menu harianmu, ya!

8. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi makanan yang tinggi antosianin, seperti kol ungu, dikaitkan dengan penurunan tekanan darah tinggi. Hal ini tentunya berdampak positif untuk kesehatan jantung. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi antosianin menghadapi risiko serangan jantung yang lebih rendah.

9. Mengurangi risiko terjadinya kanker

Konsumsi kol ungu juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara. Lagi-lagi, hal ini berkat melimpahnya kandungan antosianin dalam kol ungu. Di samping itu, kol ungu juga mengandung sulforaphane yang bisa memusnahkan, serta mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

10. Mengontrol kadar gula darah

Kol ungu kaya akan karbohidrat kompleks, serat, dan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Tak hanya itu, sayuran sehat ini juga memiliki nilai indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak cepat membuat kadar gula darah naik. Oleh karena itu, kol ungu juga baik dikonsumsi sebagai salah satu makanan sehat bagi penderita diabetes.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment