Apa Kacang yang Aman bagi Penderita Asam Urat? Ini Penjelasannya

21 June 2024 - 07:15 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beberapa jenis makanan ternyata perlu dihindari oleh penderita asam urat. Lalu, kacang apa yang aman untuk asam urat? Ternyata, semua jenis kacang umumnya aman untuk asam urat karena memiliki kadar purin yang rendah, atau kurang dari 50 miligram (mg) per porsi.

Adapun itu, makan makanan yang mengandung kacang tidak akan meningkatkan kadar asam urat dan justru dapat menurunkan asam urat. Untuk itu, simak penjelasan dan ketahui makanan penyebab asam urat yang perlu dihindari berikut ini.

Ternyata, semua jenis kacang umumnya aman untuk asam urat. Dilansir dari Livestrong, Senin (17/6/24), semua jenis kacang umumnya memiliki kadar purin yang rendah, atau kurang dari 50 mg.

Dalam jumlah porsi yang sama, kacang walnut hanya memiliki kandungan purin sebanyak 7 mg. Jumlah purin yang rendah ini tidak akan membuat kadar asam urat meningkat secara signifikan, meskipun Anda mengonsumsi sebanyak dua porsi sekaligus.

Bahkan, mengonsumsi beberapa jenis kacang, seperti kacang almond, dapat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa konsumsi kacang almond sebanyak 10 gram sebelum sarapan setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan kadar asam urat pada penderita penyakit jantung koroner.

Meskipun begitu, manfaat ini tetap bisa didapatkan pada orang-orang sehat. Tak hanya memiliki kandungan purin yang rendah, kacang-kacangan juga memiliki kandungan protein dan antiinflamasi yang dapat menggantikan konsumsi daging.

Meskipun baik untuk penderita asam urat, konsumsi kacang juga perlu dibatasi karena tinggi akan kandungan kalori dan lemak.

Melansir dari Cleveland Clinic, penderita asam urat diimbau untuk tidak makan kacang secara berlebihan, atau tidak lebih dari satu porsi saja sekali makan. Sebagai gambaran, satu porsi kacang adalah sebanyak 28 gram, atau sekitar satu genggam saja.

Memahami kacang apa yang aman untuk asam urat sangatlah penting sehingga Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Tak hanya menjaga asupan makanan, penderita asam urat juga diimbau untuk melakukan perawatan dan pengobatan secara medis sehingga kadar asam urat di dalam tubuh berkurang.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment