Perut Gampang Kembung saat Berbuka Puasa? Ini Sederet Tips Mudahnya

4 April 2024 - 08:00 WIB
Pixabay

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Permasalahan yang umum terjadi sehabis berbuka puasa adalah perut kembung. Penyebab sendiri beragam, mulai dari kebanyakan minum sampai menyantap terlalu banyak makanan yang mengandung gas.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (3/4/24), berikut sederet cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi perut kembung sehabis buka puasa, antara lain:

1. Berjalan

Tips pertama buat kamu yang sering merasa kembung setelah adalah dengan berjalan-jalan. Tidak perlu yang berat, berjalan di sekitar rumah atau halaman juga sudah cukup.

Metode ini dapat membersihkan gas di usus serta meredakan gejala perut kembung yang kamu rasakan. Selain itu, berjalan juga dapat meningkatkan aliran darah sehingga gas dikeluarkan. Lalu, perut yang kembung juga akan mengempis. 

Baca Juga: Takut Batal Puasa ketika Gosok Gigi? Ini Tips dan Penjelasannya

2. Minum obat kembung

Langkah selanjutnya adalah dengan meminum obat kembung setelah berbuka puasa. Obat dengan kandungan simetikon dapat menggabungkan gelembung gas di perut sehingga mengeluarkannya jadi lebih mudah.

3. Gunakan bantal panas

Menempelkan bantal pemanas di perut membantu mengendurkan otot dan mengeluarkan gas berlebih di usus. Kamu dapat melakukan metode ini selama 15 menit agar kembung cepat mereda.

Tapi, jika kamu tidak memiliki bantal pemanas. Kamu bisa mengisi wadah berisi air panas lalu celupkan handuk kecil ke dalamnya. Setelah itu, barulah kamu tempelkan handuk nya di perut.

Tapi ingat, kamu harus berhati-hati agar tidak melukai kulit sendiri ya!

4. Minum teh hijau

Jika sehabis menyantap makanan berbuka, kamu mulai merasa kembung, jangan diabaikan lalu lanjut minum minuman manis atau bersoda! Sebaiknya kamu menyeduh teh hijau atau teh peppermint.

Minuman herbal seperti kedua teh ini memiliki kandungan flavonoid, senyawa yang mencegah peradangan dan masalah otot di usus. Dengan meminum teh ini, kamu dapat memberikan rasa hangat di pencernaan sehingga kembung bisa mereda.

5. Konsumsi probiotik

Tips terakhir agar perut kembung yang menyerang setelah berbuka puasa dapat mereda adalah dengan mengkonsumsi probiotik.

Probiotik dapat menjadi jurus jitu dikala kembung menyerang karena tugasnya menyeimbangkan berbagai jenis bakteri di usus. Dengan begitu, senyawa satu ini juga dapat mencegah proses fermentasi yang dapat menyebabkan produksi gas penyebab kembung.

Kamu dapat memenuhi asupan probiotik dari greek yoghurt, acar, tempe, atau makanan dan minuman seperti kimchi serta kombucha.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment