Perlu Orang Tua Ketahui Inilah Cara Untuk Mencegah Rabies Pada Anak

22 May 2023 - 10:00 WIB
Foto: Halodoc

Tribratanews.polri.go.id - Rabies adalah suatu jenis virus berbahaya yang bisa tertular pada manusia melalui gigitan atau cakaran hewan liar yang terinfeksi. Virus ini menyebar melalui air liur, dan bahaya rabies bisa menyebabkan efek serius pada tubuh. 

Binatang yang berisiko menyebarkan rabies adalah kelelawar, rakun, sigung, rubah, dan monyet. Pada kasus tertentu, anjing dan kucing juga bisa menularkan rabies jika mereka tidak didomestikasi atau belum divaksin. Minggu (21/5/23).

Rabies bisa bersifat fatal bagi siapapun yang terkena virusnya, tidak terkecuali anak-anak.

Meskipun penanganan yang tanggap terhadap gigitan hewan bisa mengontrol infeksi rabies sebelum menyebar ke otak dan menimbulkan gejala serius, yang yang lebih penting adalah mengetahui cara mencegah rabies sebelum terlambat.

Inilah hal yang perlu diketahui orang tua untuk mencegah rabies pada anak - anak, dilansir dari halodoc.com.

Baca Juga:  Bongkar Praktik Aborsi Ilegal di Jaktim, Polisi Tangkap 5 Orang Tersangka

1. Vaksin rabies pada anak

Untungnya, terdapat vaksin rabies yang bisa dokter berikan pada anak. Jika tergigit hewan liar, anak mendapatkan suntikan imunoglobulin rabies dan juga empat dosis vaksin rabies.

Imunoglobulin rabies adalah jenis obat yang mengandung antibodi untuk melawan virus dan akan dokter suntikkan pada area gigitan. Bagi vaksin, tempat penyuntikannya adalah lengan atau kaki.

Setelah vaksin, tubuh anak akan terstimulasi untuk membentuk antibodi agar bisa melawan infeksi rabies. Vaksin dosis kedua akan dokter berikan setelah tiga hari, vaksin ketiga dalam tujuh hari, dan vaksin keempat setelah dua minggu.

2. Ajari anak untuk tidak mendekati hewan liar

Untuk mencegah anak tergigit hewan, orang tua juga bisa mengajarkan anak untuk tidak mendekati hewan liar yang mereka temukan di jalanan. Anak juga sebaiknya tidak mengganggu hewan yang sedang berdiam diri.

Untuk menghindari hewan liar berada di area rumah, orang tua bisa memastikan bahwa sampah-sampah rumah tangga tertutup sempurna di tong sampah. 

3. Memberikan vaksin pada hewan peliharaan

Vaksin rabies tidak hanya tersedia untuk manusia saja, tetapi juga untuk hewan. Apabila keluarga berencana untuk mengadopsi anjing atau kucing yang anak temukan di jalan, pastikan hewan tersebut dokter vaksinasi dahulu dengan vaksin rabies agar tidak membawa virus ke dalam rumah.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment