Penderita Asam Urat, Jangan Makan Sayuran Ini

31 March 2023 - 21:00 WIB
LifeStyle Okezone

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sayur diketahui memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Namun, ada beberapa sayuran bisa memicu asam urat. Karena beberapa jenis sayuran ini mengandung purin yang tinggi sehingga bisa berbahaya untuk penderita asam urat.

Diketahui, purin adalah zat yang terurai untuk membentuk produk limbah yang disebut asam urat. Bagi penderita asam urat atau rentan terhadap batu ginjal, asupan purin dapat memperburuk kondisi. Karena purin pada sayuran bisa menjadi masalah ketika terpecah dalam tubuh.

Baca juga : Ingin Tubuh Sehat Saat Puasa? Berikut Tipsnya

Pada individu yang sehat, asam urat umumnya larut dalam darah. Lalu akan mengalir ke ginjal dan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Namun bagi penderita asam urat, purin akan lebih sulit dikeluarkan. Sehingga terjadi pembentukan kristal asam urat.

Berikut daftar sayuran penyebab asam urat yang perlu dihindari dilansir dari cnnindonesia, Jumat (31/3/23):

1. Brokoli
Sayuran ini dianggap sebagai sayuran yang kaya nutrisi. Namun, buat penderita asam urat, brokoli justru berbahaya. Karena tiap 100 gram brokoli mengandung 81 miligram purin.

2. Bayam
Dalam 100 gram bayam terkandung sebanyak 57 miligram purin. Hal ini tentu bisa memicu penumpukan asam urat dalam darah.

3. Kapri
Kacang kapri mengandung vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang. Hanya saja, sayuran ini berbahaya untuk asam urat. Karena dalam 100 gram kacang kapri mengandung 84 miligram purin.

4. Kembang kol
Kembang kol juga termasuk sayuran yang perlu dihindari oleh penderita asam urat. Dalam studi yang dirilis jurnal Nucleosides Nucleotides Nucleic Acids, sebanyak 100 gram kembang kol mentah mengandung 42,6 milligram purin. Sementara, dalam 100 gram kembang kol yang sudah dipanaskan mengandung 43,2 milligram purin.

5. Asparagus
Asparagus adalah sayuran yang mengandung purin dalam jumlah sedang. Untuk penderita asam urat, perlu membatasi asupan sayuran ini. Cobalah, mengganti asparagus dengan sayuran lain seperti daun bawang atau okra.

(ek/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment