Pakar Gizi Sebut Tempe Bisa Jadi Alternatif Kudapan Sehat Cegah Stunting

28 February 2023 - 21:00 WIB
antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tempe mengandung protein, zat besi, dan kalsium yang bisa menjadi alternatif kudapan sehat dan sangat baik dikonsumsi ibu hamil dan anak balita untuk mencegah stunting. Hal tersebut disampaikan Pakar gizi klinik Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK.

"Tempe bisa digunakan sebagai lauk saat makan makanan utama dan juga sebagai kudapan untuk memenuhi kebutuhan protein harian, yang kebutuhannya mencapai sekitar 60 gram per hari," jelas Pakar Gizi dilansir dari laman antaranews, Selasa (28/2/23).

 Baca juga : Ini 4 Makanan Fermentasi untuk Kesehatan Tubuh

Dr. dr. Fiastuti Witjaksono juga mengatakan, selain itu, kandungan lemak jenuh dan garam pada tempe lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi, Itulah sebabnya tempe disebut makanan super atau superfood asli Indonesia.

"Dengan gizi yang tinggi, tempe diproduksi dengan energi yang lebih rendah dan dijual lebih murah dibanding daging sapi di Indonesia," ungkap Pakar Gizi.

Sementara itu, Pakar tempe yakni Dr. Dra. Suliantari, MS menjelaskan bahwa membuat tempe merupakan satu hal yang mudah, namun, yang higienis dan memenuhi standar merupakan hal yang sulit.

"Terutama menyangkut kebiasaan membuat tempe di Indonesia sendiri. Sejumlah produsen tempe di Indonesia telah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan standar mutu tempe internasional (codex). Codex tersebut lebih banyak mengadopsi ke SNI," ungkapnya.

(bg/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment