Mengenal Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan

19 September 2023 - 06:45 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tanaman ginkgo biloba, atau yang dikenal dengan sebutan ginkgo atau gingko sering juga mendapat julukan sebagai pohon rambut gadis.

Ginkgo Biloba adalah tanaman yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad, terutama di Asia. Tanaman ini terkenal karena daunnya yang berbentuk seperti kipas dan memiliki potensi manfaat kesehatan yang menarik.

Berikut ini adalah beberapa manfaat Ginkgo Biloba yang perlu kita ketahui:

1.            Meningkatkan Fungsi Kognitif: Senyawa aktif dalam Ginkgo Biloba dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat mengurangi risiko gangguan kognitif terkait usia, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

2.            Meningkatkan Sirkulasi Darah: Memperbaiki sirkulasi darah, terutama pada ekstremitas tubuh seperti tangan dan kaki. Ini dapat membantu mengurangi gejala kondisi seperti nyeri pada kaki akibat gangguan sirkulasi, yang umumnya dikenal sebagai penyakit arteri perifer.

3.            Menjaga Kesehatan Mata dan Pendengaran : Ginkgo Biloba telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi gejala gangguan pendengaran dan penglihatan. Senyawa dalam Ginkgo Biloba dapat membantu melindungi sel-sel saraf sensoris dalam telinga dan mata.

4.            Antioksidan Kuat: Daun Ginkgo Biloba mengandung antioksidan, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini dapat membantu melawan proses penuaan dini dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Baca Juga:  Dijuluki Gerbang Neraka, Kawah Darvaza Menjadi Destinasi Wisata Populer

5.            Mengurangi Gejala PMS: Beberapa wanita melaporkan bahwa mengonsumsi suplemen Ginkgo Biloba dapat membantu mengurangi gejala sindrom pramenstruasi (PMS) seperti nyeri perut, sakit kepala, dan perubahan mood.

Dilansir dari laman alodokter, Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Mengonsumsi Ginkgo Biloba. Meski tergolong alami, bukan berarti ginkgo biloba tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi akibat konsumsi ginkgo biloba:

•              Reaksi alergi

•              Gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan konstipasi

•              Sakit kepala

•              Jantung berdebar

•              Memar dan perdarahan

Selain itu, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi ginkgo biloba agar tidak membahayakan kesehatan, yaitu:

•              Usahakan untuk mengonsumsi ginkgo biloba dalam bentuk obat atau suplemen dan telah terdaftar di BPOM RI.

•              Hindari konsumsi biji ginkgo biloba mentah, karena dapat menyebabkan keracunan.

•              Hindari konsumsi ginkgo biloba bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, epilepsi, dan gangguan kesuburan.

•              Hindari pula menggunakan ginkgo biloba bila sedang menjalani pengobatan tertentu, seperti obat pengencer darah.

Ibu hamil dan ibu menyusui juga tidak disarankan untuk mengonsumsi ginkgo biloba, Jika Anda ingin mengonsumsi ginkgo biloba, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu agar dokter dapat menyarankan dosis penggunaan suplemen ginkgo biloba sesuai dengan kondisi Anda.

(rd/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment