Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Pada Pria

2 June 2023 - 06:45 WIB
Foto: bola.com

Tribratanews.polri.go.id - Berenang merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak peminat. Selain dapat membantu membakar kalori, jenis olahraga ini memang dikenal baik untuk kesehatan jantung.

Berenang juga diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan. Khususnya pada pria dewasa, secara spesifik jika dilakukan secara rutin. Lalu, apa saja manfaat berenang rutin untuk kesehatan pria?

Berikut adalah beberapa manfaat rutin berenang untuk kesehatan pria, dilansir dari halodoc.com, Kamis (1/6/23).

Baca Juga:  Polisi Minta Masyarakat Cerdas Memilih Saat Pemilu 2024

1. Meningkatkan ketahanan tubuh

Ketahanan tubuh atau endurance merupakan hal penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Berenang diketahui dapat meningkatkan ketahanan tubuh, sekaligus membantu meningkatkan kekuatan otot tubuh.

Selain menunjang kegiatan sehari-hari, kedua aspek tersebut tentunya juga penting ketika pria melakukan hubungan intim.

2. Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskuler

Beberapa jenis olahraga kardio seperti berenang melibatkan paru-paru, jantung, dan sistem peredaran darah.

Orang-orang yang rutin berenang memiliki tingkat mortalitas yang lebih rendah daripada mereka yang tidak banyak bergerak, atau hanya berjalan kaki, dan berlari.

Hasil tersebut juga didapatkan berdasarkan beberapa aspek medis para partisipan. Mulai dari usia, indeks massa tubuh, kebiasaan merokok, tingkat konsumsi alkohol, riwayat penyakit jantung atau hipertensi pada keluarga.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat berenang selanjutnya bagi kesehatan pria adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal ini berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada lansia dengan insomnia, para partisipan melaporkan peningkatan kualitas hidup dan tidur, setelah melakukan latihan aerobik secara teratur.

4. Meningkatkan suasana hati

Berenang juga diyakini dapat meningkatkan suasana hati. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan dengan mengevaluasi sekelompok kecil pengidap demensia.

Penelitian ini menunjukkan kalau ada peningkatan suasana hati setelah berpartisipasi dalam program akuatik selama 12 minggu.

Artinya, berenang dan olahraga air lainnya tak hanya bermanfaat secara psikologis bagi pengidap demensia. Sebab, olahraga ini juga diklaim dapat meningkatkan suasana hati pada seseorang.

5. Membantu mengelola stres

Stres merupakan kondisi yang lazim dialami oleh setiap orang. Namun, stres yang tak terkendali diketahui dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik guna mengurangi risiko dari dampak negatif yang dapat terjadi.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment