Ketahui Manfaat Tumbuhan Okra Untuk Kesehatan Tubuh. Apa Saja?

2 August 2023 - 06:45 WIB
Foto: Merdeka

Tribtratanews.polri.go.id – Jakarta. Bendi atau Okra merupakan sejenis tumbuhan berbunga atau sayuran dalam suku Malvaceae yang berasal dari kawasan di sekitar Ethiopia. Tumbuhan ini mengandung vitamin C dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Senin (31/7/23).

Sayuran ini juga populer dengan nama lady finger. Lady finger memiliki nama ilmiah Abelmoschus esculentus, yang biasanya hanya tumbuh di negara beriklim tropis, seperti di Indonesia. Namun sayuran ini belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Padahal, sayuran ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh terutama membantu untuk menurunkan kolesterol, mencegah osteoporosis, hingga mencegah penyakit kanker.

Berikut manfaat okra untuk tubuh jika rutin dikonsumsi, di antaranya, dilansir dari rri.co.id:

1. Mengoptimalkan kesehatan kulit kepala

Manfaat Okra yang tidak kalah menarik adalah mampu mengoptimalkan kesehatan kulit kepala. Lady finger bisa membantu untuk melembapkan kulit kepala. Sehingga menurunkan berbagai gangguan yang kerap muncul, seperti ketombe atau gatal. Anda juga bisa gunakan sayuran ini yang telah halus sebagai masker rambut dengan menggunakan secara rutin untuk hasil optimal.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula

2. Dapat mencegah obesitas

Mencegah obesitas menjadi salah satu manfaat Okra yang baik untuk kesehatan. Hal ini karena lady finger mengandung kalori rendah dan tinggi serat. Sehingga kamu bisa merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu lebih mudah untuk mengontrol jumlah asupan makanan yang  dikonsumsi.

3. Mampu menjaga kesehatan seksual

Sayuran ini mengandung magnesium yang cukup tinggi. Hal ini membuat manfaat Okra baik untuk meningkatkan gairah seksual. Selain itu, lady finger juga mengandung folat, zink, dan zat besi. Kandungan itu diyakini dapat mampu menjaga kesehatan organ genital.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam sayuran ini membuatnya bermanfaat dalam mencegah konstipasi. Serta juga menjaga saluran cerna agar tetap sehat. Tidak hanya itu, serat juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga baik untuk dikonsumsi ketika sedang diet.

5. Dapat mencegah penyakit kanker

Lady finger memiliki kandungan lektin, yaitu sejenis protein yang telah cukup populer. Hal itu untuk diteliti perannya dalam pencegahan maupun perawatan kanker.

Hasil penelitian menyebutkan kandungan lektin dalam sayuran ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker sebanyak 63 persen. Namun, masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan manfaat sayuran hijau yang satu ini.

7. Mencegah osteoporosis

Ladyfinger mengandung vitamin K, yang tidak hanya berperan dalam proses pembekuan darah. Tetapi berperan juga pada pembentukan tulang. Itulah sebabnya, mengonsumsi cukup vitamin K akan membuat tulang menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah. Jadi, coba untuk mengonsumsi sayuran ini sesekali.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment