Ketahui, Ini Sederet Ciri-Ciri Asam Urat di Usia Muda

17 September 2024 - 06:45 WIB
Medical News

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ciri-ciri asam urat bisa dirasakan sejak usia muda, namun hal tersebut terkadang diabaikan karena biasanya dianggap sebagai kondisi yang menyerang orang lebih tua.

Asam urat merupakan bentuk arthritis yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah menjadi terlalu tinggi, membentuk kristal di persendian yang menyebabkan rasa sakit.

Meskipun asam urat lebih sering dikaitkan dengan usia tua, orang muda juga bisa mengalaminya. Jadi mengenali ciri-ciri asam urat sejak dini sangat penting untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

Dilansir dari Mayo Clinic, Minggu (15/9/24), berikut sederet ciri-ciri asam urat yang perlu dikenali di usia muda, antara lain:

1. Nyeri Mendadak dan Parah di Persendian

Gejala paling umum dari asam urat adalah serangan nyeri mendadak dan parah pada satu atau beberapa sendi, terutama jempol kaki. Nyeri ini sering terjadi di malam hari dan dapat berlangsung selama beberapa hari atau minggu.

Selain itu, jempol kaki, serangan asam urat juga bisa terjadi di pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari.

2. Pembengkakan dan Kemerahan

Persendian yang terkena asam urat sering kali menjadi bengkak, merah, dan sangat lembut. Pembengkakan ini disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat yang memicu respons inflamasi.

Kemerahan di sekitar sendi yang terkena juga umum terjadi, membuat sendi terlihat lebih besar dan lebih hangat dari area sekitarnya.

3. Sensasi Panas di Sendi

Sendi yang terkena asam urat biasanya terasa panas saat disentuh. Sensasi panas ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi akibat kristal asam urat. Perasaan panas ini bisa sangat tidak nyaman dan menambah rasa nyeri yang sudah ada.

4. Terbatasnya Gerakan Sendi

Asam urat dapat menyebabkan sendi yang terkena menjadi kaku dan sulit digerakkan. Keterbatasan gerakan ini disebabkan oleh rasa sakit dan pembengkakan yang membuat sendi tidak fleksibel.

5. Pembentukan Tophi

Tophi merupakan benjolan keras yang terbentuk di bawah kulit ketika kadar asam urat dalam tubuh sangat tinggi. Tophi biasanya muncul di sekitar jari, tangan, siku, atau telinga.

Meskipun tophi lebih umum pada kasus asam urat yang sudah lama, mereka juga bisa muncul pada orang muda dengan kadar asam urat yang sangat tinggi.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment