Inilah Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

30 April 2023 - 06:45 WIB
Foto: halodoc

Tribratanews.polri.go.id - Bawang merah memiliki banyak manfaat mulai dari kecantikan dan kesehatan. Untuk kecantikan, bawang merah bisa untuk menghilangkan jerawat dan mencerahkan kulit wajah.

Bawang merah dikenal sebagai bumbu masak penguat rasa. Namun, di balik kegunaannya untuk masakan, umbi-umbian ini juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan tubuh. Sabtu (29/4/23).

Kandungan anthocyanin pada bumbu dapur ini dapat bekerja melindungi tubuh dari penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan diabetes. Selain anthocyanin, sayuran ini juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa yang telah terbukti meningkatkan kesehatan.

Manfaat Bawang Merah untuk tubuh, dilansir dari halodoc.com.

1. Melawan penyakit jantung
Bawang merah mengandung senyawa kuat yang disebut alil sulfida yang membantu mencegah penyakit jantung. Vitamin C yang terdapat di dalamnya juga bertindak sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Sedangkan flavonoid quercetin pada bumbu masak ini, membantu menurunkan tekanan darah dan peradangan.

2. Mencegah kanker
Alil sulfida dalam bawang ini juga memberikan perlindungan terhadap kanker. Bumbu masak ini berguna untuk mengatur beberapa jalur yang terkait dengan perkembangan kanker.

Hal ini termasuk menghentikan siklus sel, mencegah migrasi sel kanker, dan menginduksi apoptosis. Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan khasiatnya terhadap penyakit kanker.

Baca Juga:  Kapolda NTT: Personel Pengamanan KTT ASEAN Dilengkapi Teknologi Canggih

3. Mengurangi risiko obesitas
Bawang merah merupakan sumber serat larut. Ini membuatnya menjadi makanan prebiotik yang kuat. Artinya, sayuran dengan nama latin Allium cepa L ini dapat membersihkan usus, sehingga sedikit banyak membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak perut.

4. Mendukung kesuburan pria
Ekstrak kulit bawang merah dapat meningkatkan aktivitas saluran epididimis. Pada akhirnya berperan penting dalam fungsi sperma.

5. Meningkatkan memori
Bawang merah mengandung inulin. Ini merupakan serat prebiotik larut yang memberi makan bakteri sehat di usus. Inulin dapat memberikan manfaat pada suasana hati dan kinerja otak.

6. Menjaga kesehatan mulut
Bawang merah mengandung senyawa belerang yang memiliki sifat antibakteri. Ini berarti makanan ini dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi, gigi berlubang, dan penyakit gusi. Selain itu, ia juga dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker mulut.

7. Menyuburkan rambut
Salah satu manfaat lain yang umum diketahui adalah kemampuannya untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Konsentrasi belerang yang tinggi pada bawang merah, membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan mendorong pertumbuhan folikel rambut.

8. Mencegah osteoporosis
Menambahkan bahan makanan ini ke dalam pola makan dapat membantu mencegah osteoporosis. Senyawa quercetin membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Bawang merah juga mengandung selenium yang terbukti memiliki efek antiradang pada persendian dan jaringan.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment