Inilah Dampak Pada Kesehatan Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Micin Atau MSG

8 August 2023 - 21:00 WIB
Foto: Kompas

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. MSG atau micin, kerap berkaitan dengan hal yang negatif. Banyak orang yang menghindari penyedap makanan ini karena berbagai informasi buruk terkait dampaknya bagi kesehatan.

MSG atau monosodium glutamat, adalah bahan tambahan makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan rasa makanan. MSG adalah garam natrium dari asam glutamat. Kandungan itu, merupakan salah satu asam amino non-esensial dan terkandung secara alami dalam makanan. Dalam aspek diet dan nutrisi, MSG umumnya digunakan sebagai bahan makanan olahan seperti kaldu, saus, keripik, camilan, makanan beku, dan makanan cepat saji. Karena kita sudah mengetahui dampak positifnya, kali ini kita harus tahu juga dampak negatif bagi kesehatan dari MSG.

Dirangkum dari rri.co.id, berikut dampak pada kesehatan yang disebabkan jika terlalu banyak mengonsumsi MSG, di antaranya:

1. Gangguan metabolisme

Sifat aditif dari micin dapat menyebabkan resistensi insulin. Bahkan, dapat menyebabkan kadar gula darah yang tinggi, serta penyakit gula. Jadi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Baca Juga:  Tekanan Darah Tinggi Teratas, Ini Faktor Penyebab Kematian Dini

2. Dampak buruk bagi otak

Glutamat adalah salah satu kandungan yang berperan penting pada fungsi otak. Gunanya untuk neurotransmiter, zat kimia yang dapat merangsang sel saraf untuk mengirimkan sinyal. Pada MSG, kadar glutamat yang terkandung terlalu banyak sehingga menyebabkan toksisitas pada otak. Jika dibiarkan, maka dapat menyebabkan kematian sel.

3. MSG dapat sebabkan hipersensitivitas

Perlu kita ketahui jika mengonsumsi MSG juga dapat menyebabkan hipersensitivitas pada beberapa orang. Ada beberapa gejala saat mengalami masalah ini, seperti:

- Sakit kepala.

- Berkeringat banyak.

- Wajah terasa seperti tertekan.

- Mengalami mati rasa, kesemutan, hingga terbakar di wajah, leher, dan area lainnya.

- Mengalami sakit dada.

- Merasa mual.

Jika sejumlah gejala tersebut tidak kunjung membaik dalam beberapa hari, segeralah periksakan kondisi ke dokter. Namun, perlu diingat jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi MSG ini.

4. Badan menjadi lemas

Walaupun penyedap dapat memberikan energi dan dapat menambah semangat. Namun, bila mengonsumsinya berlebihan bisa membuat badan menjadi lemas. Mungkin untuk sesaat Anda akan merasa berenergi, selanjutnya tubuh akan lemas. Serta lama kelamaan akan merasakan sensasi kembung dan mual pada perut.

5. Mulut tidak enak

MSG memang membuat keinginan untuk mengunyah makanan terus-menerus. Namun, after taste-nya bisa membuat mulut berasa tidak enak. Sebabnya, sensasi umami yang tertinggal tidak langsung hilang karena sudah terlalu banyak mengonsumsinya. Bila merasakan sensasi yang demikian, segera minum air putih hangat.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment