Ini Alasannya, Mengapa Perut Cepat Kenyang saat Berbuka Puasa?

12 April 2023 - 07:20 WIB
kompas

Tribratanews.polri.go.id - Setelah hampir 14 jam berpuasa, tak heran jika banyak orang ingin segera makan ketika waktu berbuka tiba. Namun perut terlanjur kenyang, meski hanya minum es teh manis dan kolak pisang. Tapi, tahukah kamu apa penyebabnya?

Kondisi perut cepat kenyang saat berbuka puasa dikarenakan proses adaptasi dari sistem cerna yang tadinya kosong kemudian tiba-tiba diisi. Itulah sebabnya, ketika berbuka puasa disarankan untuk makan pelan-pelan dan secara bertahap.

Ini penyebab perut cepat kenyang saat berbuka puasa seperti dilansir dari Halodoc.com, Selasa (11/4/23): 

Baca Juga:  Polres Rejang Lebong Bagikan Paket Bantuan Kemanusiaan untuk Negeri

Perut kenyang setelah berbuka adalah hal yang lumrah terjadi, terutama pada minggu awal puasa. Hal ini disebabkan karena proses adaptasi tubuh yang semula rutin mendapatkan makanan. Kini, harus dibiarkan kosong selama hampir 14 jam hingga waktu berbuka tiba.

Proses adaptasi ini membuat tubuh stres, sehingga sistem saraf yang bekerja dominan adalah saraf simpatik. Hasilnya, makanan yang dikonsumsi setelah berbuka tetap tertahan selama beberapa menit sebelum masuk ke usus untuk diserap dan dicerna tubuh.

Perut kenyang berlebihan setelah berbuka bisa dicegah dengan makan secara perlahan saat berbuka. Sebab pada kasus yang lebih parah, konsumsi makanan berlebihan bukan saja membuat perut begah, tapi juga menimbulkan rasa nyeri ulu hati dan perut terasa kembung karena dipenuhi oleh gas

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment