Empat Manfaat Vaksin Covid-19 yang Wajib Dipahami oleh Masyarakat

10 October 2022 - 15:08 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Pemerintah RI tengah serius menanggulangi pandemi Covid-19. Sejumlah upaya pun dilakukan mulai dari menerapkan kebijakan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga menjalankan program vaksinasi virus Covid-19 dengan target mencapai angka Herd Immunity sebesar 70%.

Tak hanya berhenti disitu, pemerintah memlalui Kementerian Kesehatan RI mentargetkan memberikan vaksinasi kepada seluruh masyarakat hingga dua juta dosis dalam satu hari.

Namun dalam proses pelaksanaannya, masih banyak masyarakat yang belum berani untuk melakukan vaksinasi karena terpengaruh berita bohong (hoax) yang disebar massif di berbagai platform media sosial.

Padahal vaksinasi ini begitu penting karena bisa meningkatkan daya tubuh seseorang terpapar Virus Covid-19.

Berikut empat manfaat vaksinasi Covid-19 bagi tubuh manusia;

Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh
Vaksin yang terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan yang disuntikkan ke dalam manusia, akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

Mengurangi Risiko Penularan
Tubuh seseorang yang telah disuntikkan vaksin, akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian, tubuh akan mengenai virus dan mengurang risiko terpapar.

Mengurangi Dampak Berat dari Virus
Dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus, maka jika sistem imun seseorang kalah dan kemudian terpapar, maka dampak atau gejala dari virus tersebut akan mengalami pelemahan.


Mencapai Herd Immunity
Semakin banyak individu yang melakukan vaksin di sebuah daerah atau negara, maka Herd Immunity akan tercapai, sehingga meminimalisir risiko paparan dan mutasi dari virus Covid-19

Sumber: Kementerian Kesehatan/kemkes.go.id

(ym/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment