Disebut Asupan Super, Ini Ternyata Sederet Khasiat Cuka Sari Apel

21 April 2024 - 06:45 WIB
Shutterstock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Cuka sari apel disebut sebagai makanan super karena memiliki banyak manfaat dari nutrisi yang dikandungnya. Cuka sari apel adalah jenis cuka yang dibuat dari jus apel yang difermentasi.

Adapun itu, cuka sari apel memiliki tingkat keasaman sekitar 5 persen, seperti cuka berbahan dasar buah lainnya. Cuka secara umum memiliki umur simpan yang hampir tidak terbatas.

Cuka ini mengandung sedikit potasium, yaitu 11 gram per sendok makan atau sekitar 73 miligram per 100 mililiter (asupan harian yang direkomendasikan 2.600-3.400 miligram).

Tak hanya itu, cuka ini mendapatkan status makanan super karena jumlah antioksidan polifenol (bahan kimia tumbuhan) yang dikandungnya setelah melalui proses fermentasi.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (18/4/24), berikut sederet khasiat cuka sari apel yang baik bagi tubuh, antara lain:

1. Membantu mengatur gula darah

Baca Juga: Polda Babel Tetapkan Tiga Tersangka Terkait Kasus Tambang Ilegal Kolong Buntu Sungailiat

Glukosa (jenis gula dalam tubuh) berperan sebagai sumber bahan bakar utama bagi tubuh. Ketika kadar gula darah naik terlalu tinggi secara terus-menerus, Anda lebih rentan terkena diabetes.

Cuka sari apel dapat menurunkan respons gula darah Anda setelah mengonsumsi makanan bertepung. Sebuah penelitian kecil mengamati empat pria dan tujuh wanita (usia 40-72) dengan diabetes tipe 2.

Setiap hari para peserta mengonsumsi dua sendok makan cuka sari apel setiap hari sebagai bagian dari rencana makan standar sebelum tidur. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi cuka ini memiliki dampak positif terhadap kadar gula darah saat bangun tidur pada peserta dengan glukosa puasa khas lebih dari 7,2 mmol/L.

2. Membantu mengurangi kolesterol

Kolesterol (zat seperti lilin yang ditemukan dalam darah) dibutuhkan tubuh untuk membuat hormon, Vitamin D, dan bahkan mencerna makanan. Namun, terlalu banyak kolesterol jahat, yang dikenal sebagai low-density lipoprotein (LDL), dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri.

Potensi manfaat cuka sari apel yang dikonsumsi adalah menurunkan kolesterol total, trigliserida, dan LDL secara keseluruhan, serta peningkatan kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL) yang membawa kolesterol ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh.

3. Membantu menurunkan berat badan

Cuka sari apel terkenal dapat membantu penurunan berat badan karena efeknya yang mengenyangkan, yang dapat mengurangi nafsu makan. Cuka ini mengandung sangat sedikit kalori, sehingga cocok untuk diet Anda, jika Anda mencoba menurunkan atau mempertahankan berat badan.

Namun, ahli diet di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, Katherine Zeratsky mencatat, bahwa manfaat cuka sari apel untuk menurunkan berat badan tidak memiliki dukungan ilmiah. Cara untuk benar-benar menurunkan berat badan adalah melalui pola makan yang sehat dan melatih kebugaran tubuh secara rutin.

4. Mengatasi peradangan

Beberapa orang menyarankan penggunaan cuka sari apel sebagai pengobatan ala rumahan untuk mengatasi gejala dari kondisi peradangan, seperti rheumatoid arthritis (RA), multiple sclerosis (MS), dan ankylosing spondylitis (AS).

Namun, belum ada penelitian yang secara langsung mengeksplorasi cuka sari apel sebagai terapi RA, MS, atau AS. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari kondisi ini sebelum mencoba cuka ini.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Melansir Eating Well, cuka sari apel juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Cuka sari apel adalah sumber probiotik, bakteri menguntung yang berkontribusi terhadap mikrobioma usus yang sehat.

Probiotik mendukung pencernaan dan bahkan dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, menurut ulasan di Cureus pada 2022.

Meskipun banyak orang melaporkan peningkatan kesehatan pencernaan ketika mengonsumsi cuka sari apel, penelitian ilmiah mengenai manfaat ini masih terbatas dan diperlukan lebih banyak penelitian.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment