Dahsyat, Ternyata Bawang Putih Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

7 October 2023 - 06:45 WIB
Foto: Astronauts

Tribratanews.polri.go.id - Bawang putih mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, agar khasiat bawang putih tidak hilang saat di konsumsi perlu cara pengolahan yang tepat.

Mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat melancarkan aliran darah. Bukan hanya itu bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan tinggi dan masih banyak lagi manfaat bawang putih bagi kesehatan.

Dilansir dari Health Grader, beriku beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan.

1. Menurunkan Kolesterol

Tidak hanya menurunkan tekanan darah dan melancarkan tekanan darah, bawang putih juga dapat menurunkan kolesterol jahat. Bahkan, mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Bawang putih mengandung banyak antijamur, antioksidan dan antibakteri yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Dengan kata lain bawang putih juga dapat menjaga kesehatan kulit. Bahkan ekstrak bawang putih juga dipercaya bermanfaat mengobati jerawat.

Baca Juga:  Dahsyat, Ini Sederet Khasiat Buah Berenuk bagi Kesehatan

3. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Bawang putih juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Pasalnya, mengonsumsi bawang putih secara rutin mampu meningkatkan estrogen dalam tubuh. Hal tersebut berpengaruh untuk memperkuat kepadatan tulang sehingga terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis atau ostepartritis.

4. Mencegah Pikun

Perlu diketahui bahwa bawang putih juga mempunya manfaat yang luar biasa yaitu mampu mencegah pikun. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung banyak antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Sehingga risiko pikun atau penyakit Alzheimer bisa menurun.

5. Meredakan Flu

Manfaat bawang putih yang tak boleh dilewatkan yaitu dapat meredakan flu karena Bawang putih mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Artinya, mengonsumsi bawang putih dapat meredakan tingkat keparahan flu. Dilansir dari Health Grades.

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment