Dahsyat, Ini 8 Khasiat Minyak Cendana bagi Kesehatan Tubuh

3 November 2023 - 09:00 WIB
Foto: Unsplash

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kayu cendana dikenal dengan aromanya yang harum menenangkan. Cendana biasanya diolah menjadi minyak esensial yang memiliki beragam manfaat. Tumbuhan parasit ini banyak ditemukan di daerah NTT, khususnya Pulau Timor.

Minyak esensial cendana telah digunakan sejak zaman dahulu untuk wewangian dan sifat obatnya. Minyak cendana kerap menjadi campuran produk perawatan dan kecantikan kulit. Aroma cendana juga membuatnya menjadi pilihan populer untuk parfum dan aromaterapi.

Minyak ini mengandung berbagai zat kimia yang memiliki sifat antibakteri, antiradang, dan antivirus. Tak hanya itu, minyak ini juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (2/11/23), berikut sederet manfaat minyak esensial cendana yang baik bagi tubuh, antara lain:

1. Mengurangi peradangan

Ekstrak kayu cendana diketahui memiliki sifat antiradang yang cukup kuat. Berkat efek ini, kayu cendana sudah digunakan secara turun temurun untuk mengatasi peradangan, misalnya nyeri sendi dan nyeri otot.

Tak hanya itu, kayu cendana juga bisa digunakan untuk mengobati gejala eksim. Namun, manfaat kayu cendana ini belum bisa menggantikan pengobatan eksim dari dokter, ya.

2. Meredakan gejala flu

Manfaat minyak cendana untuk kesehatan selanjutnya adalah meredakan flu. Ini karena minyak cendana bersifat antiradang. Tak hanya itu, minyak cendana juga bisa digunakan sebagai obat rumahan untuk mengatasi pilek dan batuk saat flu.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampur beberapa tetes minyak cendana ke air hangat, lalu hirup uapnya selama beberapa menit.

3. Menenangkan pikiran

Menghirup aroma minyak cendana bisa memperbaiki suasana hati yang sedang kacau. Aromanya yang harum dan menenangkan dipercaya bisa memperbaiki suasana hati.

Ditambah lagi, minyak cendana juga mampu mengurangi kadar hormon kortisol dalam tubuh sehingga bisa mengurangi rasa cemas dan stres. Oleh karena itu, minyak cendana cocok dimanfaatkan sebagai aromaterapi atau campuran diffuser.

Baca Juga:  Jarang Diketahui, Manfaat Susu Kuda Liar yang Lebih Unggul dari Susu Sapi

4. Membantu proses penyembuhan luka

Karena bersifat antiradang, minyak cendana bisa digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka ringan di kulit, misalnya luka lecet. Selain itu, kandungan antibakteri pada minyak ini membuatnya cocok digunakan sebagai antiseptik alami.

Namun, untuk menggunakannya, kamu perlu mencampur beberapa tetes minyak cendana dengan carrier oil, seperti minyak kelapa atau minyak kedelai. Ini bertujuan agar minyak cendana tidak menimbulkan rasa perih pada kulit saat digunakan.

5. Mengurangi kerutan di kulit

Kandungan antioksidan pada minyak cendana berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Soalnya, zat ini bisa mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel-sel kulit.

Tak hanya itu, minyak cendana juga termasuk minyak esensial alami yang bisa melembapkan kulit, sehingga baik digunakan untuk mengurangi dan mencegah munculnya kerutan.

6. Mencerahkan kulit

Efek antiradang dan antioksidan pada minyak cendana juga disebut bisa mencerahkan kulit dan mencegah kemunculan flek atau bintik kecokelatan di kulit. Manfaat minyak cendana ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebih.

7. Mengatasi jerawat

Manfaat minyak cendana berikutnya adalah mengatasi jerawat. Ini karena minyak cendana bersifat antibakteri dan antiradang, sehingga mampu mengatasi infeksi bakteri dan mengatasi peradangan yang muncul di kulit saat terjadi jerawat.

Namun, manfaat minyak cendana ini mungkin hanya bisa diperoleh oleh orang yang memiliki kulit kering atau normal, ya. Untuk orang yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu saat hendak menggunakan minyak cendana sebagai obat jerawat.

8. Membasmi kutu rambut

Di India, minyak cendana sudah dimanfaatkan sebagai pengobatan ayuverda untuk membasmi kutu rambut. Manfaat ini juga didukung oleh beberapa riset yang menunjukkan bahwa minyak cendana mampu membasmi kutu rambut dan telurnya.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment