Catat, Inilah 4 Manfaat Konsumsi Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

13 October 2024 - 07:15 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kentang bagi sebagian orang bisa menjadi bahan pangan alternatif untuk diet, karena mengandung karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati dan kalsium serta mineral-mineral penting lainnya.

Banyak manfaat mengkonsumsi kentang, tidak hanya Mengontrol kadar gula darah dan Menyehatkan pencernaan, Kentang juga memiliki sederet manfaat Kesehatan untuk organ tubuh

Dilansir dari laman AARP, berikut sederet manfaat mengonsumsi kentang:

1. Menurunkan Tekanan Darah
Kentang mengandung kalium dua kali lipat dari pisang. Sehingga, kentang menjadi salah satu makanan yang memiliki sumber kalium terbanyak mengeluarkan natrium dari tubuh.

2. Mengontrol Berat Badan
Mengonsumsi kentang dapat menurunkan berat badan. Anda perlu mengonsumsi kentang yang sudah didinginkan setelah dimakan. Kandungan peti resistan kentang yang mentah memberikan rasa kenyang pada perut Anda.

Selain itu, Anda dapat mengolahnya dengan cara direbus. Agar khasiat mengatur berat badan dapat terealisasi maka Anda perlu mendinginkan terlebih, jangan dimakan pada saat panas.

3. Meningkatkan Kesehatan Usus
Probiotik atau bakteri baik yang hidup di usus baik untuk kesehatan jantung, tubuh dan metabolisme. Agar probiotik tumbu dengan baik maka perlu makanan yang dikenal dengan prebiotik. Salah satu makanan yang baik adalah yang mengandung patu resistan seperti kentang.

Pasti resistan memiliki fungsi meningkatkan komposisi mikrobioma pada usus. Anda dapat mengonsumsi kentang yang sudah didinginkan. Hal ini baik untuk usus besar Anda. Sehingga, tubuh menjadi sehat.

4. Kesehatan Tubuh Menyeluruh
Kentang baik untuk mereka yang berusia 50 tahun ke atas. Tidak hanya mengandung kalium dan serat, kentang juga mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Seperti vitamin C, vitamin B6, polifenol dan magnesium.

Vitamin C sebanyak 20 persen mampu mendukung kekebalan tubuh dan menghindari penyakit peradangan. Selain itu, juga dapat mengurangi risiko penyakit kanker, jantung dan katarak. Kandungan vitamin B6 mampu mengatasi penyakit anemia dan depresi.

Sementara itu, polifenol pada kandungan CGA kentang memiliki khasiat mengendalikan gula darah dan mengatasi peradangan serta menyehatkan jantung. Sedangkan, kandungan magnesium memiliki manfaat untuk mencegah sakit stroke, diabetes dan osteoporosis.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment