Catat! Ini Sederet Tips agar Pengidap Hipotensi Lancar Berpuasa

24 March 2024 - 08:00 WIB
Shutterstock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Hipotensi atau darah rendah dapat terjadi ketika tekanan darah yang tidak normal karena terlalu rendah. Seseorang memiliki tekanan darah rendah jika tensinya kurang dari 90/60 mmHg.

Selama bulan Ramadan, ibadah puasa seharusnya tidak menjadi halangan bagi pengidap hipotensi yang ingin berpuasa. Sebab, ada beberapa tips yang membantu pengidap hipotensi untuk tetap menjalani ibadah tersebut dengan lancar.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (22/3/24), berikut sederet tips bagi pengidap hipotensi yang ingin berpuasa agar lancar, antara lain:

1. Cek kondisi kesehatan terlebih dahulu

Sebelum berpuasa, sebaiknya pengidap darah rendah menjalani pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan ini dapat meliputi pengukuran tekanan darah. Apabila disarankan dokter untuk menjalankan pengobatan, mintalah agar pengobatan tersebut disesuaikan dengan ketentuan selama puasa.

2. Perhatikan asupan makanan

Baca Juga: Connie Rahakundini Bakrie Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Saat menjalankan ibadah puasa, wajib hukumnya untuk selalu memperhatikan asupan makanan baik saat sahur maupun berbuka. Untuk menu makan sahur, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang memiliki sifat lebih lama diserap oleh tubuh. Contohnya beras, roti, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

Nah, kacang-kacangan bermanfaat meningkatkan tekanan darah. Jadi, pastikan untuk memasukan kacang merah, buncis, kacang polong, atau kacang hijau ke dalam menu sahur. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga dijadikan sebagai menu makan malam setelah berbuka puasa pengidap hipotensi.

3. Makan sahur dan berbuka tepat waktu

Satu hal yang tak kalah penting lagi adalah, usahakan sahur dan berbuka tepat pada waktunya. Pastikan untuk minum air putih dengan 6 hingga 8 gelas per hari juga dapat memperlancar pergerakan sirkulasi cairan dalam tubuh. Sebab, asupan air yang cukup, dapat menormalkan tekanan darah kamu selama berpuasa.

4. Lakukan olahraga ringan

Kebanyakan orang berpikir kalau olahraga hanya akan membuat tubuh menjadi cepat lelah saat berpuasa. Padahal, olahraga khususnya bagi pengidap darah rendah bermanfaat untuk meminimalkan gejala darah rendah.

Tak perlu olahraga berat, cukup lakukan jogging minimal 30 menit setiap hari guna menstabilkan tekanan darah sehingga ibadah puasa tidak terganggu.

5. Istirahat yang cukup

Memiliki pola tidur yang buruk cenderung membuat seseorang memiliki tekanan darah yang rendah. Oleh karena itu, pastikan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup, terutama ketika bulan Ramadan.

Agar dapat memaksimalkan durasi tidur, kamu dapat tidur lebih awal setiap harinya, sehingga dapat bangun dalam keadaan yang segar saat sahur.

6. Bergerak secara perlahan

Terakhir, perhatikan setiap gerakan tubuh kamu. Pengidap darah rendah sebisa mungkin menghindari gerakan yang sifatnya tiba-tiba, seperti mendadak berdiri setelah duduk atau jalan yang terburu-buru.

Itulah tips menjalani puasa sehat bagi pengidap darah rendah. Memiliki riwayat penyakit hipotensi seharusnya tidak menghambat ibadah puasamu selama satu bulan penuh, jika tekanan darah tidak mengalami fluktuasi.

Namun, hal terpenting bagi pengidap hipotensi sebelum dan selama berpuasa adalah memantau kondisi kesehatannya terlebih dahulu. Tujuannya agar kondisi kesehatanmu benar-benar aman untuk puasa.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment