Catat, Ini Manfaat Rutin Senam Kegel bagi Kesehatan Tubuh

28 October 2023 - 07:15 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Senam kegel merupakan senam kebugaran untuk menguatkan otot-otot di sekitar panggul. Otot panggul sangat penting karena berperan sebagai penyangga organ tubuh seperti rahim, kandung kemih, hingga rektum.

Tak hanya itu, otot panggul juga dapat digunakan untuk menahan air kencing keluar dari tubuh, hal ini cukup membantu jika sedang di perjalanan dan sulit menemukan toilet. Lalu, otot panggul juga dapat mencegah terjadinya pipis di celana atau mengeluarkan gas (kentut) secara tidak sengaja.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (27/10/23), berikut sederet manfaat yang didapat dari melakukan senam kegel secara rutin, antara lain:

1. Mempermudah Proses Persalinan

Ketika sedang hamil dan menjelang masa persalinan, dianjurkan untuk melakukan senam kegel. Sebab, senam ini dapat melancarkan proses persalinan.

Hal ini disebabkan oleh otot-otot di pinggul yang semakin kuat, hal ini dapat mencegah risiko robeknya perineum. Dengan begitu, proses persalinan diharapkan dapat berjalan lancar.

2. Mencegah Perineum Robek

Dalam buku Rahasia Kedahsyatan Fungsi Seksual oleh Adi D. Tilon, melakukan senam kegel bagi ibu hamil dapat membantu mencegah perineum robek. Perlu diketahui bahwa perineum adalah jaringan tipis kulit yang letaknya berada di antara anus dan vagina.

Sebenarnya, robekan kecil pada perineum wanita bisa sembuh seiring berjalannya waktu. Namun jika robekannya besar, hal ini dapat merusak otot dasar panggul atau sfingter anus di sekitar perineum. Hal ini menyebabkan kamu jadi susah buang air kecil, buang air besar, atau berhubungan seksual.

Baca Juga:  Waspada, Ini 7 Menu di Restoran yang Berisiko bagi Kesehatan

3. Membantu Memulihkan Pasca Melahirkan

Selain dilakukan saat hamil, senam kegel juga bisa diterapkan pasca melahirkan. Sebab, senam kegel dapat membantu merapatkan vagina setelah melahirkan, terutama bagi yang melahirkan secara normal.

Saat proses melahirkan, sejumlah otot akan mengalami longgar atau melar. Nah, melakukan senam kegel dapat membantu mempercepat Miss V kembali ke bentuk semula.

4. Membantu Masalah Urinasi

Apakah Anda terlalu sering buang air kecil? Jika iya, cobalah untuk melakukan senam kegel. Sebab, senam kegel dapat mengurangi risiko masalah urinasi. Senam ini juga dapat membantu orang yang kesulitan menahan kencing ketika bersin, batuk, atau tertawa terbahak-bahak.

5. Meminimalisir Ambeien

Manfaat lain dari melakukan senam kegel adalah dapat mencegah risiko ambeien atau hemoroid. Perlu diketahui bahwa ambeien merupakan suatu penyakit karena adanya benjolan di sekitar dalam maupun luar anus. Ambeien sering kali bikin tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

6. Meningkatkan Gairah Seksual

Rutin melakukan senam kegel ternyata turut meningkatkan gairah seksual, lho. Bagi pria, senam ini dapat mengencangkan otot panggul di sekitar penis sehingga dapat mengatasi ejakulasi dini hingga disfungsi ereksi.

Lalu, senam kegel juga dapat membantu pria atau wanita untuk merasakan klimaks yang berulang-ulang saat berhubungan intim. Hal ini berkat otot pinggul dan organ intim yang kuat.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment