Catat! Ini Khasiat Tanaman Dill bagi Kesehatan Tubuh

25 May 2024 - 08:00 WIB
Pixabay

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Dill merupakan tanaman herba yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk menghilangkan bau tidak sedap pada makanan. Tanaman berwarna hijau tua ini banyak dibudidayakan di berbagai belahan dunia, seperti Asia, Afrika, Eropa, Rusia Selatan, dan Amerika Serikat.

Dill memiliki rasa sedikit pahit yang digambarkan sebagai kombinasi adas, adas manis, dan seledri. Anda dapat menggunakan dill segar atau dill kering sebagai bumbu makanan.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (21/5/24), berikut sederet manfaat dill bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam dill berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mencegah terjadinya infeksi.

Tak hanya itu, antioksidan lainnya yang terkandung dalam dill juga mampu mencegah kerusakan sel-sel tubuh dari radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

2. Menurunkan kadar gula darah

Dill juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Manfaat ini diperoleh dari kandungan magnesium yang baik untuk kerja hormon insulin dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Namun, penelitian secara klinis untuk membuktikan manfaat tersebut masih sedikit. Dengan begitu, manfaat dill dalam menurunkan kadar gula darah pada manusia masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat dill lainnya adalah mengurangi kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Manfaat ini terbukti dalam sebuah penelitian tentang pemberian suplemen dill yang mampu menurunkan kadar LDL dan trigliserida secara signifikan.

Menurunnya kadar kolesterol dalam tubuh akan mengurangi penumpukan plak di pembuluh darah jantung, sehingga risiko terkena penyakit jantung menurun.

4. Meredakan nyeri haid

Dill menjadi salah satu pilihan yang baik untuk wanita yang sedang mengalami haid. Dill terbukti efektif dalam mengurangi nyeri haid layaknya obat pereda nyeri yang dijual di apotek, seperti asam mefenamat.

Khasiat dill dalam meredakan nyeri haid didapatkan dari kandungan tanin yang bersifat antiinflamasi. Senyawa tersebut dapat menghambat produksi prostaglandin penyebab nyeri haid.

5. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium dalam dill dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena keempat mineral tersebut diperlukan tubuh untuk membentuk sel tulang baru serta menjaga kepadatan tulang.

Manfaat tersebut juga didukung oleh beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa mencukupi asupan tubuh akan kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium bisa mengurangi risiko terkena osteoporosis.

6. Menjaga kesehatan mata

Dill juga termasuk salah satu tanaman herba yang sangat baik untuk mata. Dill mengandung vitamin A yang dapat memelihara kesehatan mata. Dengan tercukupinya asupan nutrisi tersebut, mata Anda akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti rabun senja.

7. Mengurangi risiko terkena kanker

Manfaat lainnya dari dill adalah mengurangi risiko terkena kanker. Manfaat tersebut diperoleh dari tingginya antioksidan di dalamnya yang tidak hanya melawan radikal bebas, tetapi juga bisa mencegah kerusakan sel-sel tubuh yang dapat menyebabkan kanker.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment