Boleh Dicoba, Ini Sederet Racikan Air Hangat dengan Bahan Alami yang Ampuh Atasi Fatty Liver

22 January 2024 - 07:15 WIB
Freepik

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Hati berlapis lemak merupakan kondisi ketika terjadi penumpukan lemak berlebih di organ hati. Seseorang bisa dinyatakan terjangkit penyakit ini jika berat organ hati tidak normal. Misalnya 5-10 persen lebih berat.

Penyakit perlemakan hati biasa disebabkan karena asupan junk food berlebihan. Terlalu banyak makan makanan olahan, hingga gaya hidup tidak sehat.

Gangguan fatty liver ini juga menjadi kekhawatiran banyak orang. Perlemakan hati mampu menimbulkan gangguan fungsi hati. Fungsi hati yang terganggu memicu masalah yang lebih fatal.

Dilansir dari Times of India, Minggu (21/1/24), berikut sederet bahan makanan alami yang dapat ditambahkan ke air hangat untuk atas penyakit ini, antara lain:

1. Lemon

Lemon merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang baik. Kamu bisa minum air hangat dengan air jeruk lemon setiap pagi untuk mengurangi lapisan lemak di hati. Tambahan lemon di air hangat juga membantu detoksifikasi.

Air hangat dengan lemon bisa mengurangi inflamasi atau oksidasi dalam hati. Sebab, lemon mengandung naringenin yang bisa meredakan peradangan tersebut.

Mengonsumsi air hangat lemon ini juga dapat membantu pencernaan lebih baik serta meningkatkan fungsi hati.

Baca Juga: Kapolres Pohuwato Tinjau Langsung TPS Untuk Pastikan Pemilu Aman dan Kondusif

2. Kunyit

Tambahkan sedikit kunyit ke dalam segelas air hangat merupakan pilihan tepat. Kandungan kurkumin, berupa senyawa aktif dalam kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan.

Menurut beberapa penelitian yang disebutkan Times of India, kunyit secara alami dapat membantu membalikkan NAFLD (perlemakan hati non alkoholik).

Kunyit mengandung flavonoid, minyak atsiri, vitamin C dan E, hingga selenium yang dapat mencegah pembentukan asam lemak tak jenuh dan peroksida lipid yang berpotensi menyebabkan perlemakan hati.

Oleh karena itu, menambahkan kunyit ke dalam air hangat dan mengonsumsinya rutin bisa membantu memperbaiki kondisi hati.

3. Jahe

Jahe juga mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat berkontribusi pada kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Namun, menurut beberapa penelitian, jahe memberikan manfaat potensial bagi kesehatan hati, dan membantu mengurangi penumpukan lemak di hati.

Kandungan antioksidan dalam jahe dianggap mampu mengurangi stres oksidatif pada perlemakan hati. Bahkan, senyawa di dalamnya diklaim bisa mengurangi resistensi insulin dan menghambat peradangan.

Kamu bisa menambah irisan jahe ke dalam air hangat atau merebus langsung jahe pada air mendidih.

4. Teh hijau

Teh hijau juga tidak kalah bermanfaat dalam membantu atasi masalah perlemakan hati.
Teh hijau mengandung antioksidan, terutama katekin yang telah diteliti berpotensi menunjang kesehatan hati. Mulai dari membantu fungsi hati dan menjaga hati dari kerusakan bahan beracun, seperti alkohol.

Minum teh hijau juga bisa mengurangi peradangan dan membantu mengurangi stres oksidatif. Meminumnya bisa membantu meningkatkan regenerasi sel yang rusak akibat radikal bebas.

Jika dikonsumsi secara rutin juga menghambat penyerapan lemak. Meningkatkan kecepatan agar dapat digunakan sebagai energi penghambat pembentukan lemak di hati.

5. Ginseng

Ginseng menjadi herbal populer Korea yang bisa juga dicampur ke dalam air hangat dan menjadi ramuan luar biasa untuk hati.

Ginseng mengandung senyawa antioksidan tinggi. Salah satu manfaat antioksidannya yaitu sebagai agen antiradang.

Sejumlah studi pada manusia yang dipublikasikan melalui US National Library of Medicine, National Institutes of Health tahun 2017 mendapat hasil, herbal ginseng dapat meningkatkan fungsi hati.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment