Berkhasiat, Berikut 5 Manfaat Kelapa Muda untuk Tubuh

12 May 2023 - 08:00 WIB
Foto: Liputan6

Tribatanews.polri.go.id - Jakarta. Manfaat kelapa muda sangat baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh. Rasa daging kelapa muda yang enak dan airnya yang menyegarkan membuat banyak orang menggemarinya. Minum air kelapa muda saat cuaca panas, benar-benar terasa menyegarkan.

Manfaat air kelapa muda didapatkan dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Kandungan gizi ini mulai dari vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin dan asam folat.

Berikut 5 manfaat kelapa bagi kesehatan tubuh :

Baca Juga:  Presiden Jokowi Tegaskan Indonesia Siap Bertemu Myanmar Bahas Masalah Kemanusiaan

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kelapa muda yang pertama adalah sangat baik untuk diet. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan lemak, kadar gula dan kalori yang sangat rendah.

2. Mengatasi Keluhan Pencernaan

Air kelapa mengandung enzim bioaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase dan berbagai enzim lainnya. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

3. Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kelapa muda juga dipengaruhi oleh kandungan vitamin dan mikronutrien, seperti zink, tembaga, mangan, dan selenium. Sejumlah senyawa tersebut dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga penyakit infeksi tidak mudah terjadi.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal menjelaskan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin.

5. Menetralisir Racun di dalam Tubuh

Kelapa muda juga dapat menetralisir racun di dalam tubuh. Kandungan tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa muda sangatlah tinggi. Air kelapa muda juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

(as/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment