Berikut Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

29 March 2023 - 08:47 WIB
alodokter

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Mengonsumsi buah saat sahur akan membantu menjaga kadar glukosa darah lebih stabil. Karena buah banyak mengandung serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, buah juga mengandung enzim yang membantu pencernaan.

Salah satu buah yang berserat tinggi dan memiliki indeks glisemik rendah adalah kiwi. Jarang yang tahu, nutrisi buah ini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, pada masalah pencernaan yang sering dialami bagi yang berpuasa.
Baca Juga:Polisi Ringkus Tiga Tersangka Kasus Penyalahgunaan Bahan Petasan di Jatim

Dilansir dari pmjnews, Selasa (28/3/23), berikut lima manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kiwi memiliki tingkat sodium yang rendah dan potasium yang baik. Ini merupakan kombinasi yang elektrolit yang baik untuk mengurangi tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi kiwi juga mengurangi risiko terkena stroke, karena buah ini mengandung folat.

2. Mengurangi Gejala Flu
Hasil dari penelitian terhadap orang dewasa yang sehat, kiwi dapat membantu mengurangi durasi flu. Selain itu, mengonsumsi kiwi gold juga dipercaya dapat mengatasi masalah sakit tenggorokan dan gangguan pernapasan.

3. Mencegah Anemia
Kiwi memang bukan buah yang memiliki kandungan zat besi. Namun, kiwi kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi serta dapat mencegah defisiensi zat besi dalam tubuh.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur
Hasil studi yang dilakukan pada tahun 2011, kiwi dapat meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa. Hal ini mungkin terjadi karena kandungan serotonin dan antioksidan yang ada dalam buah ini.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Kiwi mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat yang ada pada buah kiwi dapat mendukung bakteri usus sehat yang membantu proses pencernaan. Sehingga kita bisa terhindar dari sembelit. Selain itu, kandungan enzim actinidin juga membantu meningkatkan pencernaan protein yang ada di dalam lambung dan usus kecil.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment