Berikut Ini Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Wajah

3 November 2023 - 16:00 WIB
Bola

Tribratanews.polri.go.id - Penggunaan cuka apel untuk wajah mungkin sudah tidak aneh lagi di kalangan pencinta skincare. Karena, ada banyak produk skincare yang menggunakan bahan cuka apel, seperti toner maupun obat jerawat.

Hasilnya pun diklaim efektif, meski penelitian seputar manfaat cuka apel untuk wajah masih tergolong minim.

Tak hanya populer sebagai bahan masakan, hasil fermentasi sari apel ini juga memiliki banyak manfaat untuk wajah.

Baca Juga: Cegah TPPO dan Narkoba, Polda Kaltara Latih 120 Personel untuk Perbatasan RI


Berikut ini manfaat cuka apel untuk wajah, dilansir dari alodokter, Kamis (2/11/23) :

1. Mengurangi garis halus
Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga tampak kendur dan muncul garis halus. Agar rasa percaya diri nggak ikutan kendur, coba tambahkan penggunaan cuka apel dalam rangkaian perawatan kulit wajahmu.

Dikarenakan cuka apel mengandung AHA dan vitamin C yang diketahui mampu mengencangkan wajah dengan cara meningkatkan produksi kolagen di kulit.

Selain itu, kandungan AHA dalam cuka apel juga bisa mengurangi garis halus. Namun, perlu diingat, manfaat ini hanya efektif pada garis halus, bukan untuk mengurangi kerutan.

2. Mengatasi kulit berjerawat
Berkat kandungan asam asetat yang bersifat antibakteri, cuka apel mampu mengatasi kulit berjerawat. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa asam asetat dalam cuka apel terbukti efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat cuka apel untuk wajah ini, kamu bisa menggunakan toner cuka apel atau mengoleskan larutan cuka apel ke kulit yang berjerawat.

3. Mengangkat sel kulit mati
Eksfoliasi perlu dilakukan secara rutin agar sel kulit mati terangkat dan tidak menyumbat pori-pori. Sebagai pilihan alami, bisa mencoba eksfoliasi menggunakan cuka apel.

Cuka apel mengandung asam sitrat dan asam malat yang bertindak sebagai eksfoliator kimiawi. Jika semua sel kulit mati terangkat, kulit akan tampak lebih cerah dan bebas jerawat.

4. Meringankan gejala eksim
Manfaat cuka apel untuk wajah lainnya adalah dapat meringankan gejala eksim, seperti kulit kering, gatal, dan ruam. Di samping itu, asam asetat dalam cuka apel juga dapat membunuh bakteri pemicu eksim.

Namun, efek dari penggunaan cuka apel ini bisa berbeda-beda pada setiap penderita eksim, bahkan ada yang mengalami iritasi karenanya. Oleh karena itu, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu jika kamu ingin mencobanya untuk meringankan gejala eksim.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment