Berikut Ini Beberapa Cara Mengontrol Lonjakan Gula Darah Setelah Makan

18 August 2023 - 07:15 WIB
Sumber : Halodoc

Tribratanews.polri.go.id Lonjakan gula darah rentan terjadi setelah makan. Tapi, Anda masih bisa mengatasinya. Bagaimana cara mengontrol lonjakan gula darah setelah makan?
Baca Juga : Ahli: Sering Begadang Dapat Tingkatkan Resiko Terkena Asam Urat

Makanan manis dan karbohidrat olahan seperti nasi putih dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat setelah memakannya. Sedangkan makanan rendah gula seperti sayur yang berserat tinggi dapat menstabilkan gula darah.

Namun sayangnya, nasi putih menjadi salah satu makanan utama orang-orang Indonesia. Anda tentu perlu tahu cara mencegah kadar gula darah yang tepat setelah makan.

Tanpa disadari, beberapa hal berkontribusi terhadap lonjakan gula darah setelah makan. Misalnya saja, apa yang kita lakukan sebelum dan sesudah makan, hingga jenis asupan yang dipilih.

Berikut beberapa cara mengontrol lonjakan gula darah setelah makan, dirangkum dari cnnindonesia.com, Kamis (17/8/23) :

1. Jangan berbaring setelah makan

Anda perlu menahan keinginan untuk tidak banyak bergerak setelah makan. Berbaring atau bersantai setelah makan kemungkinan akan memperburuk gula darah karena tidak banyak bergerak

2. Jangan lupa sarapan

Harrus-Pincus mengatakan, sarapan dapat berdampak signifikan pada kadar gula darah sepanjang hari. Ia mencontohkan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang tidak sarapan memiliki kadar gula darah setelah makan yang lebih tinggi saat makan siang dan malam.

3. Tidur cukup

Kurang tidur disebut dapat memicu hormon stres, yang pada gilirannya bisa meningkatkan kadar gula darah.

4. Bergerak setelah makan

Disarankan untuk bergerak setelah makan. Tak perlu repot, Anda cukup berjalan kaki sekitar 10-20 menit setelah makan. Selain mengontrol kadar gula darah, cara itu juga dapat meningkatkan suasana hati.

5. Siapkan menu rendah karbohidrat

Karbohidrat jadi biang kerok lonjakan gula darah. Mengutip Healthline, banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

6. Lebih banyak serat

Perbanyak menu yang menghadirkan serat larut untuk mengontrol lonjakan gula darah. Serat larut memperlambat penyerapan karbohidrat di usus. Hal ini menyebabkan naik-turunnya gula darah secara stabil, tanpa perlu melonjak drastis.

7. Masukkan cuka dalam makanan

Cuka sari apel telah dikenal dengan manfaatnya untuk mengontrol gula darah. Mengutip Everyday Health, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan cuka dapat menekan lonjakan gula darah.

(ek/pr/nm)


Share this post

Sign in to leave a comment