Banyak Digemari, Ternyata Ini Sederet Manfaat Ikan Kerapu

22 October 2024 - 07:15 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ikan kerapu merupakan ikan laut yang hidup di terumbu karang. Ikan ini memiliki nilai jual yang tinggi karena memiliki rasa yang lezat dan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, ikan ini termasuk makanan laut yang digemari oleh masyarakat.

Tak hanya itu, ikan kerapu juga mengandung zinc, selenium, vitamin B6, vitamin B12, retinol, dan arginine. Ikan ini juga mengandung sedikit glycine, proline, serine, tyrosine, phenylalanine, vitamin D,omega 3, dan valine yang tentunya juga memiliki manfaat untuk tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (20/10/24), berikut sederet manfaat ikan kerapu bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menurunkan tekanan darah

Ikan kerapu mengandung kalium yang sangat penting untuk kesehatan, terutama dalam mengatur tekanan darah. Cara kerja kalium dalam menjaga tekanan darah adalah dengan menjaga kadar keseimbangan antara mineral dan cairan pada tubuh.

Dengan begitu, tekanan darah berada dalam rentang normal atau sekitar 120/80 mmHg. 
Ketika tekanan darah terkendali, kesehatan jantung pun akan terjaga dan Anda terhindar dari darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

2. Mencegah batu ginjal

Terlalu banyak kalsium di dalam tubuh yang tidak terpakai dapat mengendap menjadi batu ginjal. Untuk mencegah kondisi ini terjadi, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, salah satunya adalah ikan kerapu.

Kandungan kalium pada ikan mampu menetralkan pengendapan kalsium sehingga mencegah batu ginjal terbentuk. Bahkan, penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dapat menurunkan risiko terkena batu ginjal.

Tak hanya mengonsumsi makanan berkalium, Anda juga disarankan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Banyak minum air putih akan membuang zat-zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

3. Menjaga kesehatan otot

Ikan kerapu mengandung fosfor yang baik bagi tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan otot. Fosfor berperan penting dalam membentuk dan memelihara jaringan otot supaya tetap kuat dan dapat berfungsi dengan baik.

Tak hanya itu, fosfor juga mendukung proses pemulihan setelah melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga. Dengan mengonsumsi ikan kerapu secara teratur, tubuh mendapatkan fosfor yang diperlukan agar otot tetap sehat dan terhindar dari masalah, seperti hipofosfatemia dan rhabdomyolysis.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Ikan kerapu mengandung magnesium. Mineral ini memiliki peran yang besar dalam menstabilkan otot jantung agar tetap berkontraksi secara teratur dan normal. Detak jantung yang normal memiliki ritme dalam kisaran 50–100 kali per menit.

Tak hanya itu, magnesium juga bisa menjaga keseimbangan elektrolit dan mendukung fungsi otot jantung. Magnesium juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal agar jantung Anda bisa bekerja dengan baik.

5. Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Ikan kerapu adalah sumber fosfor dan kalsium yang baik bagi tubuh Anda. Kedua mineral ini dapat membantu menguatkan tulang dan enamel gigi agar tahan dari kerusakan.

Berkat kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya, ikan kerapu mampu membantu Anda terhindar dari masalah kelainan tulang, misalnya osteoporosis dan kerusakan gigi seperti pengikisan enamel.

Tak hanya makan ikan kerapu, Anda juga harus rajin berolahraga serta menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

6. Meningkatkan sistem imun

Ikan kerapu sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan tidak mudah sakit. Manfaat ini bisa Anda dapatkan berkat kandungan vitamin A dan protein yang ada pada ikan kerapu.

Vitamin A berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sementara itu, protein berfungsi dalam pembentukan jaringan serta sel-sel tubuh, termasuk antibodi yang bisa melawan infeksi.

7. Membantu pembentukan hemoglobin

Ikan kerapu mengandung zat besi yang dapat membantu pembentukan hemoglobin pada tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Hemoglobin merupakan protein dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan mengembalikan karbondioksida ke paru-paru untuk dikeluarkan.

Kekurangan zat besi menyebabkan penurunan produksi hemoglobin yang bisa membuat Anda terkena anemia. Gejalanya antara lain adalah kulit pucat, pusing, lemah, sering pingsan, dan gampang sesak napas.

8. Membantu penyembuhan luka

Kolagen dan omega-3 yang terdapat pada ikan kerapu memiliki sifat antiradang yang dapat membantu mempercepat penyembuhan peradangan dan luka.

Kolagen merupakan protein penting yang berperan dalam proses penyembuhan luka dan mendukung regenerasi kulit. Kandungan zat ini pada ikan kerapu dapat membantu menjaga elastisitas kulit, sehingga membantu proses pemulihan sel dan melindungi sel-sel tubuh dari risiko penyebaran infeksi akibat luka.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment