Ashwagandha, Herbal yang Tak Kalah Khasiatnya bagi Tubuh

22 August 2024 - 22:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tak sedikit tanaman herbal yang dipercaya bisa membantu kamu menjaga kesehatan tubuh secara optimal, salah satunya adalah ashwagandha.

Tanaman ini memang jarang dikenal oleh masyarakat Indonesia karena berasal dari India, tetapi ia cukup terkenal di beberapa negara Asia Tenggara.

Ashwagandha yang dikenal juga sebagai ginseng india memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (21/8/24), berikut sederet manfaat tanaman ashwagandha bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menurunkan Tingkat Stres dan Rasa Cemas

Tanaman ini dipercaya bisa membantu kamu menurunkan tingkat stres dan rasa cemas yang dirasakan. Ashwagandha juga dikategorikan sebagai adaptogen, yaitu zat yang membantu tubuh ketika mengalami stres.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen dengan kandungan ashwagandha di dalamnya mampu menurunkan tingkat stres.

Penelitian dilakukan melalui 58 peserta yang mengonsumsi 250 atau 600 miligram ekstrak ashwagandha selama delapan minggu.
Hasilnya, secara signifikan suplemen ashwagandha mampu menurunkan tingkat stres dibandingkan mereka yang diberikan efek plasebo.

2. Meningkatkan Testosterone dan Kesuburan Pria

Bagi para pria yang sedang merencanakan memiliki keturunan bersama dengan pasangan, sepertinya bisa menggunakan suplemen dengan kandungan ashwagandha untuk meningkatkan kesuburan.

Pada beberapa penelitian, pria yang mengonsumsi suplemen ashwagandha memiliki kesuburan lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen ini.

Ashwagandha ternyata memengaruhi kualitas sperma dan kemampuan sperma untuk bergerak menuju sel telur secara optimal. Tentunya, kondisi ini juga perlu diimbangi dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Ashwagandha memiliki banyak manfaat bagi pengidap diabetes. Dengan mengonsumsi ashwagandha, kamu bisa mengontrol dan menurunkan kadar gula darah dengan lebih baik.

Beberapa bukti terbatas menunjukkan bahwa ashwagandha dapat mengurangi kadar gula darah melalui efek sekresi insulin dan kemampuan sel untuk menyerap glukosa dari aliran darah.

4. Menurunkan Peradangan

Ashwagandha memiliki kandungan yang bisa mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh.

Meskipun begitu, hal ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat ashwagandha bagi peradangan yang terjadi dalam tubuh.

5. Meningkatkan Kemampuan Otak

Mengonsumsi suplemen ashwagandha membuat kemampuan otak semakin meningkat. Hal ini terjadi karena ashwagandha memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan otak.

Dengan meningkatnya kesehatan otak, hal ini berkaitan dengan kemampuan otak untuk mengingat memori hingga membuat keputusan.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ada berbagai hal yang bisa kamu rasakan ketika memiliki tidur yang berkualitas, salah satunya adalah kondisi kesehatan fisik dan mental yang terjaga dengan baik.

Tak ada salahnya mencoba ashwagandha ketika kamu mengalami gangguan tidur karena suplemen ini dinilai mampu meningkatkan kualitas tidur.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment