Alasan Kualitas Udara Jakarta Lebih Buruk di Malam Hari, Ini Faktanya

29 August 2023 - 10:45 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kualitas udara Jakarta ternyata lebih buruk dan tidak sehat pada malam hari hingga menjelang pagi, ungkap BMKG.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh  Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, Fachri Radjab, S.Si., M.Si.,  di acara Diskusi Publik Quick Response Penanganan Kualitas Udara Jakarta, Senin (28/8/23), dilansir dari PMJNEWS.COM

"Kalau kita lihat siklus harian, PM 2,5 memang dalam siklus harian konsentrasi cenderung lebih tinggi pada malam hari. Malam hari itu relatif lebih tinggi hingga menjelang pagi," jelas Fachri Radjab.

"Kemudian, di pagi juga seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat, konsentrasi PM 2,5 juga meningkat juga," lanjutnya.

Baca Juga:  Akibat Hujan Deras Wilayah Genteng Bogor Alami Tanah Longsor

Setelah itu Kepala BMKG itu menjelaskan bahwa kondisi ini dipengaruhi oleh lapisan yang disebut inversi. Ketebalan lapisan inversi saat malam hari mengecil sehingga konsentrasi PM 2,5 makin tinggi.

"Polutan ataupun partikel yang menyebabkan polusi itu kontributor kenapa cenderung tingginya di malam hari itu karena adanya yang kita sebut lapisan inversi, itu lapisan pembalik," jelas Fachri Radjab

Fachri menyebut partikel polusi tersebut berkumpul dan 'terjebak' di lapisan inversi. Kondisi itu juga yang menyebabkan langit di Jakarta terlihat 'keruh' karena banyak polusi terjebak di lapisan inversi.

"Kalau kita kenal suhu makin tinggi tempat makin dingin ya, tapi pada ketinggian tertentu dia akan tetap stabil suhunya, dia tidak turun, itu yang disebut lapisan inversi," terangnya.

"Pada lapisan inilah polutan-polutan itu berkumpul. Ketika malam hari ketebalan lapisan inversi itu mengecil sehingga konsentrasinya akan semakin tinggi," ujarnya.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment